7 Jenis Fobia dan Artinya, Bisa Berdampak Depresi hingga Stres

Bertold Ananda
Kamis 04 Agustus 2022 16:25 WIB
7 Jenis Fobia dan Artinya, Bisa Berdampak Depresi hingga Stres
Fobia merupakan ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Ada beberapa jenis fobia dan artinya yang perlu diketahui agar dapat ditangani secara tepat.

Fobia merupakan ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu. Rasa takut dan cemas yang berlebihan pastinya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih ketakutan tersebut dirasa sudah tidak rasional dan dapat menimbulkan panik, stres, depresi dan cemas.

Jika kamu mengalami hal tersebut, maka besar kemungkinan kamu mengidap penyakit gangguan kecemasan alias fobia. Dalam beberapa kasus, ada fobia yang disebabkan hal yang umum hingga hal spesifik yang tidak masuk akal.

Lantas, apa saja jenis fobia yang kerap dirasakan oleh penderitanya? 

Berikut celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Kamis (4/8/2022) mengenai jenis fobia dan artinya.

Pengertian Fobia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fobia merupakan ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya.

Dari pengertian tersebut dapat diartikan bahwa fobia adalah suatu gangguan atau penyakit kecemasan yang dapat dialami oleh manusia. Penyakit ini bisa menjadi penyakit serius dan tidak bisa dianggap remeh.

Efek dan dampak dari seseorang yang mengidap penyakit fobia sangat berbahaya, salah satunya mengalami ketakutan dan kecemasan berlebihan yang mengakibatkan tremor, nyeri perut, nyeri dada, berkeringat, mual, pusing, bahkan merasa sesak.

Jika fobia tidak ditangani dengan baik maka dapat mengganggu aktivitas sekolah, kerja bahkan hubungan kamu.  

Penyebab Fobia

Penyakit atau gangguan kecemasan satu ini dapat disebabkan oleh dua faktor, di antaranya faktor genetik dari lahir dan juga lingkungan sekitarnya yang memicu penyakit fobia, seperti  jatuh dari ketinggian, pernah merasakan tenggelam, dan lainnya.

Jenis Fobia dan Artinya

1. Acrophobia (Takut akan ketinggian)

Jenis Fobia pertama satu ini banyak orang mengalaminya yakni takut akan ketinggian dari tanah. Ketakutan tersebut umumnya akan menimbulkan pusing, sakit kepala bahkan dapat mencapai vertigo.

2. Ophidiophobia (Takut pada ular)

Jenis Fobia kedua yang dialami banyak orang yakni Ophidiophobia. Fobia satu ini dapat diartikan dengan kecemasan takut pada ular berbisa dan reptil. Apabila pengidap Fobia ini melihat seekor ular maka akan  menjerit, melompat dan menangis.

Umumnya seseorang mengidap gangguan tersebut karena memiliki pengalaman pahit yang traumatis seperti mendengar desisan ular hingga digigit ular.

3. Cynophobia (Takut pada anjing)

Fobia satu ini memiliki ketakutan pada hewan peliharaan seperti anjing. Seseorang yang memiliki Fobia satu ini akan menjauhi teman yang memelihara seekor anjing. Fobia satu ini bisa terjadi karena lingkungan dan traumatis seperti pernah dikejar anjing maupun digigit oleh hewan satu ini.

 

1
/
2