8 Jenis Jerawat: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kensa Cahya Aliffia
Senin 09 Mei 2022 22:41 WIB
8 Jenis Jerawat: Penyebab dan Cara Mengatasinya
Jerawat adalah penyakit kulit yang timbul akibat produksi minyak yang berlebih dan terjadinya penumpukan sel kulit mati. (celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Jerawat adalah penyakit kulit yang timbul akibat produksi minyak yang berlebih dan terjadinya penumpukan sel kulit mati. Untuk mengatasinya, kamu perlu tahu terlebih dulu jenis jerawat apa yang ada pada kulit wajahmu.

Munculnya jerawat tidak hanya memperburuk penampilan saja, melainkan dapat meninggalkan bekas luka yang tidak kalah lebih menyebalkan. Kemunculan jerawat ditandai dengan kulit berminyak, hadirnya bintik kecil, dan komedo. 

Berikut penjelasan berbagai macam jenis jerawat, penyebab, dan cara mengatasinya.

Jenis jerawat pada wajah

1. Whitehead

Whitehead adalah jenis jerawat yang paling mendasar. Whitehead (komedo putih) terlihat seperti benjolan kecil yang berwarna putih atau berwarna daging. Jerawat jenis ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti minyak yang berlebih pada wajah, sel kulit mati, ataupun perubahan hormonal.

Cara untuk mengatasi jerawat jenis ini adalah dengan melakukan exfoliation (pengelupasan kulit), atau dengan rajin mencuci muka di pagi dan malam hari dengan menggunakan bahan salisilat dan glikolat. Selain itu, penderita juga diwajibkan untuk mengurangi konsumsi asupan gula, susu, dan karbohidrat sederhana.

2. Blackhead

Seperti halnya jenis jerawat whitehead, jenis ini sering muncul pada kulit wajah atau biasa dikenal dengan komedo hitam. Komedo ini sering muncul pada permukaan kulit wajah di area hidung. Penyebabnya dapat berupa penyumbatan pori-pori dan terjadinya produksi minyak berlebih akibat perubahan hormon.

Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan ekstraksi untuk menghilangkan komedo hitam yang menyumbat lapisan kulit atau dengan menggunakan scrub guna mengangkat sel kulit mati penyebab komedo hitam.

3. Papula

Jerawat jenis papula biasanya muncul menyerupai benjolan kecil berwarna merah pada lapisan kulit. Benjolan ini biasanya membentuk kelompok dan sangat menyakitkan. Namun, jerawat papula tidak memiliki titik nanah. Papula diakibatkan oleh peradangan yang parah di dinding sekitar pori-pori.

Adapun untuk mengatasi jerawat papula dapat diobati dengan obat antibiotik atau dengan perawatan topikal seperti tretinoin. Selain itu, retinol juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat ini.

4. Pustula (h3)

Jerawat jenis pustula muncul disertai benjolan yang lebih besar dan lunak. Pada bagian dasarnya berwarna kemerahan, sedangkan pada puncak jerawat berwarna putih atau kekuningan karena berisi nanah. 

Jerawat pustula disebabkan akibat bakteri yang menginfeksi sumbatan pori-pori atau dapat diakibatkan oleh rusaknya dinding di sekitar pori-pori.

Cara mengatasi jerawat pustula adalah dengan rutin untuk membersihkan wajah menggunakan pembersih yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Disarankan untuk tidak memencet jerawat agar lapisan kulit tidak rusak dan meninggalkan bekas peradangan.

 

1
/
2