Jenis Karya Seni Rupa Berdasarkan Fungsi Serta Contohnya

Iqbal Widiarko
Senin 25 April 2022 18:21 WIB
Jenis Karya Seni Rupa Berdasarkan Fungsi Serta Contohnya
Jenis karya seni rupa berdasarkan fungsi serta contohnya. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Jenis karya seni rupa tersusun dari beberapa macam. Seni rupa akan memiliki unsur kesan ruang, volume serta bentuk dan juga dapat dilihat dari segala arah, bukan hanya dari depan saja.

Berdasarkan fungsinya seni rupa secara umum untuk dinikmati keindahannya. Seni rupa secara deskripsi merupakan sebuah karya cipta tangan dengan tujuan menampilkan keindahan yang dinikmati oleh indera mata dan sentuhan bentuk melalui indera sentuhan.

Ada unsur-unsur yang membangun sebuah karya seni rupa yang terdiri dari titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap/terang. Berdasarkan dimensinya, karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua yakni seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Seni lukis termasuk dalam seni rupa dua dimensi.

Dilansir dari berbagai sumber, Celebrities.id, Jumat (22/4/2022) telah merangkum jenis karya seni rupa (berdasarkan fungsinya), sebagai berikut.

Jenis Karya Seni Rupa Berdasarkan Fungsi

1. Seni Rupa Murni (Pure Art)

Seni rupa murni merupakan seni yang karyanya lebih mengutamakan elemen estetikanya sebagai kepuasan pandangan mata, dari pada fungsinya. Karya seni rupa murni biasanya digunakan sebagai pajangan untuk memperindah ruangan ataupun tempat-tempat tertentu.

2. Seni Rupa Terapan (Applied Art)

Seni rupa terapan dibuat untuk memenuhi fungsi praktis dengan meningkatkan kenyamanan penggunaannya yang membantu kehidupan manusia. Meskipun lebih mengutamakan kegunaannya, namun seni terapan juga tetap memiliki nilai estetikanya tersendiri.

 

1
/
3