5 Jenis Pakaian Tradisional India, Sering Digunakan di Film Bollywood

Icon CameraNurul Amanah
Rabu 28 September 2022 17:09 WIB
5 Jenis Pakaian Tradisional India, Sering Digunakan di Film Bollywood
Jenis Pakaian Tradisional India. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Jenis pakaian tradisional India kerap menarik perhatian masyarakat Indonesia. Pakaian tersebut kerap digunakan para artis Bollywood dalam film maupun kehidupan sehari-hari mereka.

Banyak tokoh populer di India yang selalu memakai pakaian tradisional ketika menghadiri acara besar, baik nasional maupun internasional. Hal ini menjadikan pakian tradisional India dikenal luas dan selalu terlihat mencolok di berbagai acara. Seperti diketahui, pakaian tradisional memang menjadi salah satu representasi kebudayaan suatu daerah.

Mungkin yang sering Anda lihat dari wanita India adalah pakaian berupa kain yang dililit ke badannya atau disebut saree/sari. Padahal, pakaian tradisional India cukup beragam. Yuk intip daftar pakaian tradisional India yang sering digunakan, dirangkum dari beberapa sumber, Rabu (28/9/2022).

Jenis Pakaian Tradisional India

1. Saree

Seperti yang sering Anda lihat, Saree adalah pakaian tradisional untuk wanita India. Terdiri dari satu potong kain yang panjangnya lima hingga sembilan meter dan lebar dua hingga empat kaki. Kain ini digunakan dalam berbagai cara tergantung pada kebutuhan atau acara yang akan didatangi. Kain biasanya dililitkan di pinggang, sementara ujung lainnya dilemparkan ke bahu sehingga bagian perut dibiarkan terbuka.

Orang India lebih suka membungkus diri mereka dengan kain katun karena fleksibilitas yang diizinkan dan iklim yang panas. Pakaian telah berevolusi dari waktu ke waktu, dan dipakai oleh sekitar 75 persen wanita India setiap hari. Bahkan Anda dapat mencoba 80 gaya berbeda dengan saree ini.

2. Salwar Kameez dan Churidar

Perpaduan dua jenis pakaian ini disebut sebagai pakaian yang nyaman dan layak untuk wanita India di Punjab dan Kashmir. Pakaian ini menjadi salah satu pakaian wanita yang paling umum dipakaiĀ  antara pakaian tradisional di India. Pakaiannya terdiri dari celana panjang mirip piyama yang disebut salwar, yang dibuat ketat di bagian pinggang dan mata kaki.

Kameez, yang merupakan gaun panjang dan longgar, dikenakan di atas salwar. Sedangkan churidar dapat dikenakan di tempat salwar dan lebih pas di pinggang, pinggul dan pergelangan kaki. Perancang busana, melalui penggunaan desain, sulaman, dan tekstur yang menarik telah membuat pakaian ini sangat populer di India.

Dalam Islam, kameez adalah tunik atau kemeja panjang. Selanjutnya, kedatangan wanita Muslim di utara pada abad ke-13 membawa pakaian shalwar dan kameez ke Asia Selatan. Sehingga menjadikannya salah satu pakaian tradisional India yang terkenal. Halwar kameez adalah pakaian nasional Pakistan yang umum dipakai.

Ā 

1
/
2