7 Jenis Protokol Jaringan Komputer dan Pengertian

Icon CameraAlifia Furaida Salsabila
Selasa 17 Januari 2023 19:30 WIB
7 Jenis Protokol Jaringan Komputer dan Pengertian
Jenis protokol jaringan komputer. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Jenis protokol jaringan komputer ada beberapa macam yang digunakan untuk berinteraksi dalam suatu sistem. Jaringan ini berfungsi dalam proses pertukaran informasi antar komputer.

Protokol jaringan komputer berperan penting dalam pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lainnya. 

Apabila tidak ada protokol jaringan, maka proses pertukaran informasi dan hubungan antar komputer menjadi tidak stabil dan data tidak bisa diakses dengan baik. 

Dilansir dari berbagai jenis pada Selasa (17/1/2023), celebrities.id telah merangkum jenis protokol jaringan komputer sebagai berikut.

Pengertian Protokol Jaringan Komputer

Protokol jaringan merupakan sistem yang berperan dalam menentukan cara mengirim, memformat dan menerima data supaya sesama jaringan komputer bisa digunakan untuk berkomunikasi. 

Dalam komputer, protokol jaringan harus dimiliki supaya proses interaksi dari perangkat pengirim dan perangkat penerima bisa berlangsung dengan baik. 

Sebagai contoh saat sedang mengirim email. Email yang akan dikirim disebut data. Saat data dikirimkan dari satu komputer ke komputer lain akan melalui beberapa protokol jaringan. Email tersebut harus melalui beberapa protokol jaringan tersebut supaya email bisa terkirim dan dapat diterima oleh komputer lain.

Contoh lainnya, saat mengakses dan membuka website melalui browser. Browser akan mengirimkan permintaan ke server penerima yang akan menampilkan isi website. Proses permintaan tersebut melalui berbagai protokol jaringan pada browser server. Apabila berhasil melalui protokol tersebut, maka isi website akan ditampilkan.

Jenis Protokol Jaringan Komputer

Berikut ini jenis protokol jaringan yang tersedia dan penjelasannya.

1. TCP/IP

TCP singkatan dari Transmission Control Protocol, sedangkan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP merupakan standar protokol jaringan yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet dalam melakukan komunikasi dan mengirimkan data. TCP/IP bekerja mengatur interaksi menggunakan koneksi internet.

2. Domain Name System (DNS)

Domain Name System merupakan distributed database yang digunakan untuk mencari nama komputer dalam sebuah jaringan TCP/IP. Protokol jaringan ini digunakan untuk aplikasi dan website di internet.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2