7 Jenis Topologi Jaringan Komputer dan Pengertian

Icon CameraIqbal Widiarko
Selasa 17 Januari 2023 13:29 WIB
7 Jenis Topologi Jaringan Komputer dan Pengertian
Jenis topologi jaringan komputer dan pengertiannya. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Jenis topologi jaringan komputer dapat menambah wawasan kamu terkait dengan struktur ilmu komputer yang ada di dunia.Ā 

Topologi jaringan sendiri merupakan susunan fisik dan logis dari node (simpul) dan koneksi dalam jaringan. Node umumnya mencakup perangkat seperti saklar, router dan perangkat lunak dengan berbagai fitur.

Topologi jaringan juga sering direpresentasikan sebagai sebuah grafik. Topologi digunakan di banyak cabang ilmu seperti matematika dalam persamaan atau dalam teori string dalam ilmu fisika untuk mendeskripsikan struktur ruang waktu alam semesta.

Dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (17/1/2023), celebrities.id telah merangkum jenis topologi jaringan komputer, sebagai berikut.

Jenis Topologi Jaringan Komputer

Inilah beberapa jenis topologi jaringan komputer yang dapat kamu simak, seperti dikutip dari laman GeeksforGeeks.

1. Topologi Hybrid

Topologi hybrid merupakan topologi komputer yang berasal dari kombinasi dari dua atau lebih topologi. Dalam penggunaan praktis, mereka adalah yang paling banyak digunakan. Pada topologi ini semua topologi saling berhubungan sesuai dengan kebutuhan membentuk hybrid.

Semua fitur bagus dari setiap topologi dapat digunakan untuk membuat topologi hybrid yang efisien. Salah satu kelebihan topologi hybrid adalah memberikan fleksibilitas untuk memodifikasi jaringan sesuai dengan kebutuhan kita.

2. Topologi Tree

Topologi ini merupakan variasi dari topologi star. Topologi ini memiliki aliran data yang hierarkis. Dalam Topologi Pohon, protokol seperti DHCP dan SAC (Konfigurasi Otomatis Standar) digunakan.

Ā 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
3