Jerawat Tumbuh saat Siklus Menstruasi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Menurut Ahli

Laras Dwi Sasmita
Jumat 22 Juli 2022 14:41 WIB
Jerawat Tumbuh saat Siklus Menstruasi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Menurut Ahli
Penyebab dan cara mengatasi jerawat saat siklus menstruasi tiba. (celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id – Jerawat kerap kali muncul menjelang atau saat siklus menstruasi tiba. Bahkan ada beberapa perempuan yang mengalami lelah dan kram pada perut sebelum masa periode dimulai.

Dikutip dari Pinkvilla pada Jumat (22/7/2022), konsultan Homeopati dan Ahli Kosmetologi, dr. Smita Bhoir Patil mengatakan bahwa jerawat saat menstuasi berbeda dengan jerawat biasa. Hal tersebut disebabkan oleh variasi kadar hormone setiap orang dan juga tingkat hormone progesterone yang tinggi. 

Peningkatan kadar progesteron tersebut merupakan alasan di balik kelenjar sebaceous yang mengeluarkan lebih banyak sebum. Sehingga kulit mengalami peradangan dan mulai tumbuh jewat.

Untuk diketahui, sebum bertindak sebagai penghalang alami kulit. Namun selama siklus menstruasi, jumlah sekresi sebum akan mengalami peningkatan. Sehingga kelebihan sebum dapat menyumbat pori-pori dan akan menumpuk di bawah permukaan kulit yang mengakibatkan jerawat.

Namun, bagi yang sudah memiiki kulit rawan jerawat, maka jika datang siklus menstruasi bisa juga mengalami pembengkakakn dan terkadang menimbulkan rasa sakit pada jewarat yang muncul.

Untuk mengatasinya, dr. Smita Bhoir Patil mengatakan bahwa sulit mencegah jerawat akibat menstruasi tapi bisa dikurangi kemunculannya dengan menjaga pola makan yang sehat.

“Sebelum haid tiba, mulailah memasukkan lebih banyak sayuran dalam makanan harian Anda,” katanya.

Dia juga menyarankan untuk memakan sayuran hijau serta buah-buahan untuk mendetoksifikasi tubuh dan membuang semua racun. Kemudian harus mengindari gula dan produk susu karena hanya akan meningkatkan munculnya jerawat.

Editor : Tia Ayunita