Joan Mir Gagal Finish, Ngaku Salah Pilih Ban

Fitradian Dhimas
Senin 20 Juni 2022 22:31 WIB
Joan Mir Gagal Finish, Ngaku Salah Pilih Ban
Joan Mir Gagal Finish, Ngaku Salah Pilih Ban. (Foto:celebrities.id/Instagram @joanmir36official)

HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, celebrities.id –  Pembalap tim Suzuki Ecstar, Joan Mir kembali mengalami nasib apes setelah gagal finis.

Kali ini dia mengalami kecelakaan saat mengaspal di Sirkuit Sachsenring dalam gelaran MotoGP Jerman, Minggu, 19 Juni 2022.

Mir memulai balapan dari posisi ke-12. Hanya saja, Suzuki sudah harus berkemas sebelum balapan usai, karena Mir mengalami insiden dan terjatuh pada putaran kelima. Akibat hasil tersebut, Mir sudah gagal menambah perolehan poin pada tiga dari empat balapan terakhir. Dia pun mengakui pemilihan ban menjadi penentu pada balapan itu.

Mir memutuskan untuk menggunakan ban berkompon keras, mengingat kondisi yang panas. Namun, ban yang digunakan Mir tak segera mencapai temperatur yang optimal.

“Kami memutuskan untuk balapan menggunakan ban berkompon keras, dan bukan medium. Itu artinya, bannya masih terasa dingin pada awal balapan,” kata Mir di laman resmi Suzuki, Senin (20/6/2022).

Padahal, Mir sempat berharap dapat menekan pada akhir balapan. Hanya saja, pada akhirnya dia tak sempat memanaskan bannya, sehingga akhirnya terjatuh dan tak mencapai garis finis.

“Saya berharap dapat lebih nyaman, seiring balapan berlangsung dan ban menyentuh temperatur optimal. Tetapi, saya tak merasakannya setelah beberapa putaran. Saya bahkan nyaris menyentuh rider lain. Saya kemudian melebar dan kehilangan kendali ban depan,” ujarnya.

Karena haisl minor ini, Mir bertekad untuk bangkit pada balapan selanjutnya, MotoGP Belanda 2022. Balapan tersebut rencananya akan berlangsung di Sirkuit TT Assen.

“Sunguh disayangkan. Namun, kami tidak akan membiarkan kekecewaan ini merusak optimism dan semangat kami. Saya sudah merasa lebih baik dengan motornya dan akan mendorong di Assen,” tutur Mir.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra