Jokowi dan Xi Jinping akan Saksikan Uji Dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Bali, Begini Persiapannya 

Icon CameraHeri Purnomo
Selasa 15 November 2022 12:46 WIB
Jokowi dan Xi Jinping akan Saksikan Uji Dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Bali, Begini Persiapannya 
Presiden Jokowi dan Xi Jinpin akan saksikan uji dinamis KCIC dari Bali. (Foto: celebrities.id/Instagram @keretacepat_id)

JAKARTA, celebrities.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China, Xi Jinping dijadwalkan akan menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Indonesia Jakarta-Bandung besok, 16 November 2022. Agenda tersebut dilakukan secara virtual dari Bali di sela menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Lantas bagaimana persiapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan dilakukan uji dinamis pada esok hari? 

Corporate Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry mengatakan, Proses uji dinamis akan dilakukan sepanjang 15 km dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, Kota Bandung. 

Dalam proses uji dinamis itu, kereta inspeksi akan melaju dengan kecepatan terbatas hingga maksimal 80 km per jam saja.

Rahadian menambahkan, nantinya selain melihat proses uji dinamis, kedua kepala negara tersebut juga akan menyaksikan kecanggihan teknologi kereta inspeksi KCJB. 

"Karena uji dinamis akan disaksikan secara live melalui telekonferensi, kami juga sedang menyiapkan jaringan agar agenda live streaming uji dinamis KCJB dapat berjalan lancar. Mohon doa dari masyarakat Indonesia agar semua persiapan bisa berjalan lancar," ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, rangkaian kereta inspeksi KCJB perdana akhirnya menjajal rel kereta cepat, pada Kamis (10/11/2022). Dalam perjalanannya, kereta inspeksi KCJV melaju hingga DK126 atau Casting Yard 4 dengan kecepatan terbatas.

"Alhamdulillah persiapan uji dinamis kereta inspeksi yang dilakukan hari ini berjalan dengan baik. Persiapan uji dinamis ini akan terus kami lakukan agar semuanya berjalan lancar saat G20 showcase," ujar Rahadian dalam keterangan tertulis yang dikutip, Selasa (15/11/2022). 

Sementara, di Tegalluar, instalasi sistem kelistrikan untuk stasiun dan depo pun sudah rampung. Begitu juga dengan instalasi Listrik Aliran Atas (LAA) yang akan digunakan untuk kebutuhan operasional KCJB pada G20 Showcase. Dengan begitu, kebutuhan energi untuk Uji Dinamis KCJB sudah tersedia.

“Kebutuhan listrik alhamdulillah sudah ada baik di stasiun, depo ataupun di lintasan yang digunakan untuk Uji Dinamis nanti,” katanya.

Editor : Lisvi Padlilah