Jokowi Minta Sarana Jalur Pantai Selatan Dibenahi, Berharap Mudik Tahun Depan Semakin Baik

Raka Dwi Novianto
Selasa 24 Mei 2022 21:59 WIB
Jokowi Minta Sarana Jalur Pantai Selatan Dibenahi, Berharap Mudik Tahun Depan Semakin Baik
Jokowi minta sarana Jalur Pantai Selatan dibenahi, berharap mudik tahun depan semakin baik. (Foto:celebrities.id/MPI Agung Bakti Sarasa)

JAKARTA, celebrities.id - Presiden Jokowi membeberkan sejumlah catatan yang harus diperhatikan jajarannya agar penyelenggaraan mudik di masa mendatang dapat berjalan dengan lebih baik. Dia meminta jajarannya supaya terus menyempurnakan kebijakan terkait mudik Lebaran, termasuk manajemen rekayasa lalu lintas.

"Terus kita perbaiki, kita sempurnakan manajemen rekayasa lalu lintas, mulai dari manajemen ganjil-genap, one way, contraflow di jalan tol maupun di non-tol sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan dan juga tersedianya rest area yang representatif dan mencukupi jumlahnya," ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya, Selasa (24/5/2022).

Jokowi juga minta jajarannya untuk menambah kapasitas penampungan kendaraan menuju pelabuhan penyeberangan, memangkas waktu antre kendaraan untuk naik ke angkutan penyeberangan, menambah jumlah kapal penyeberangan, hingga perluasan dermaga yang padat.

Sedangkan terkait jalan non-tol di jalur pantai selatan (pansela), Presiden menilai jalur tersebut sebagai sebuah alternatif yang bagus bagi para pemudik sehingga sarana dan prasarana pendukung pada jalur tersebut harus mulai dipersiapkan dengan baik agar dapat digunakan pada mudik Lebaran mendatang.

"Ini coba dilihat lagi secara lebih detail mengenai sarana dan prasarana, SPBU, penerangan, rest area, saya kira memang harus disiapkan untuk mudik tahun depan. Saya kira ini sebuah alternatif yang bagus," ucap Presiden.

Tak hanya di jalur Pansela, Presiden juga minta agar perbaikan fasilitas dan sarana serta prasarana pendukung turut dilakukan di bandara, terminal, pelabuhan, hingga stasiun. Selain itu, penambahan kapasitas angkutan kereta api saat mudik dan pelaksanaan mudik gratis secara maksimal juga menjadi hal yang ditekankan oleh Presiden dalam evaluasi kali ini.

"Saya rasa kalau ini kita lakukan tahun depan kita akan lebih baik lagi," tuturnya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra