Jual Foto KTP Jadi NFT Dinilai Tak Lazim, Ilegal dan Berbahaya

Intan Afika Nuur Aziizah
Senin 17 Januari 2022 19:16 WIB
Jual Foto KTP Jadi NFT Dinilai Tak Lazim, Ilegal dan Berbahaya
Penjualan foto KTP sebagai NFT sedang marak di marketplace. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Jual foto KTP jadi NFT dinilai merupakan hal yang tidak lazim. Sebab NFT sesungguhnya adalah file digital yang masuk ke Blockchain seperti karya seni foto dan musik.

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) & COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda mengatakan, dari segi etika saja KTP itu bukanlah sesuatu yang bisa dibagian dan diperjualbelikan.

"Tentu penjualan NFT KTP berbahaya, tentu bersifat ilegal dan berbahaya," ujarnya dalam keterangan, Senin (17/1).

Sebab, kata Teguh, data pribadi tersebut bisa disalahgunakan oleh pihak lain. Korban yang merasa data pribadinya ada di dalam koleksi produk NFT akun tersebut sangat berhak melaporkannya ke pihak berwenang bisa kepolisian.

Adapun foto KTP tersebut ditemukan di marketplace NFT, OpenSea. Menurut Teguh, setiap platform seperti Opensea, pasti memiliki community guidelines atau panduan komunitas.

Jadi ketika misalnya ada pihak yang dirugikan, atau terjadi pelaporan pelanggaran pasti ada jalurnya untuk diproses. NFT KTP seharusnya bisa dihapus dari platform mereka.

OpenSea sendiri merupakan marketplace NFT yang sifatnya terdesentralisasi. Hal ini membuat pengguna tidak tahu siapa penjual atau pun pembelinya sifatnya anonymous.

Editor : Mohammad Saifulloh