Juara Catur Dunia Gugat Netflix Gegara Film The Queen's Gambit

Yeni Nawang Wulan
Kamis 23 September 2021 09:10 WIB
Juara Catur Dunia Gugat Netflix Gegara Film The Queen's Gambit
Juara Catur Dunia Gugat Netflix Gegara Film The Queen‘s Gambit. (Foto: celebrities.id/arabnews)

LONDON, celebrities.id - Juara catur dunia, Nona Gaprindashvili, menggugat Netflix lantaran salah menggambarkan karakter dirinya dalam serial The Queen's Gambit. 
Dia menegaskan klaim tidak pernah menghadapi pecatur laki-laki adalah hal yang seksis dan meremehkan.

Wanita yang kini berusia 80 tahun itu merupakan pecatur wanita pertama yang mendapat gelar grandmaster. Di salah satu episode The Queen's Gambit ada adegan yang menceritakan salah satu karakter memiliki perbandingan karier dengan Elizabeth (Beth) Harmon, karakter fiksi yang menjadi tokoh utama, dengan kehidupan nyata Gaprindashvili.

Di akhir film ini menceritakan bahwa satu-satunya hal istimewa bagi Elizabeth Harmon hanyalah jenis kelaminnya semata, yang bahkan sesuatu yang biasa saja di Rusia. "Ada Nona Gaprindashvili, tapi dia adalah juara dunia wanita yang belum pernah menghadapi pria," kata karakter dalam film itu.

Faktanya di kehidupan nyata Nona Gaprindashvili sudah melawan 59 laki-laki tahun 1968. Dari pertandingan ini 28 di antaranya berhasil dimenangkan dalam sebuah gim simultan. Gaprindashvili mulai bermain catur sejak umur 13 tahun dan menjadi juara dunia di umur 20 serta menjadi wanita pertama yang meraih gelar grandmaster.

 

1
/
2