Jumat Jadi Hari Paling Diberkahi, Yuk Lakukan 3 Amalan Ini

Novie Fauziah
Kamis 13 Januari 2022 21:58 WIB
Jumat Jadi Hari Paling Diberkahi, Yuk Lakukan 3 Amalan Ini
Keutamaan Jumat sebagai hari yang paling diberkahi. (Foto: celebrities.id/freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Sebagian ulama sepakat bahwa Jumat menjadi hari yang paling diberkahi. Pasalnya, banyak keutamaan-keutamaan di dalamnya.

Pada waktu tersebut umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan saleh, yakni dengan tujuan menabung pahala untuk bekal kelak di akhirat.

Ketua Bidang Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Kiai Haji Abdullah Jaidi menuturkan, di dalam Alquran pun tertulis Jumat karena benar-benar istimewa, atau disebut dengan sayyidul ayyam artinya rajanya hari.

"Hari Jumat tertulis di dalam Alquran," ujarnya kepada saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Kiai Haji Abdullah Jaidi mengatakan Jumat adalah waktu yang mustajab karena doa-doa umat Islam akan lebih cepat diijabah. Nah, selain memperbanyak doa, berikut ini adalah amalan-amalan sunah di Jumat Berkah yang bisa dilakukan setiap waktu ini tiba, apa saja?

1. Memperbanyak sedekah

Bersedekah atau menyisihkan sebagian harta benda kepada orang yang lebih membutuhkan adalah kewajiban setiap Muslim. Kemudian, Jumat adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak amalan tersebut.

Ibnu Qayyim berkata: "Sedekah pada hari itu (Jumat) dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadan dibanding bulan-bulan lainnya." Hadits dari Kakab menjelaskan: "Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya," (Mauquf Shahih).

 

1
/
2