Jumlah Kendaraan Listrik di Indonesia Terus Berkembang, Ketersediaan Charging Station Jadi Perhatian

Icon CameraHasyim Ashari
Minggu 13 November 2022 20:32 WIB
Jumlah Kendaraan Listrik di Indonesia Terus Berkembang, Ketersediaan Charging Station Jadi Perhatian
Jumlah kendaraan listrik di Indonesia. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Jumlah kendaraan listrik di Indonesia terus berkembang, seiring dengan tumbuhnya minat masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan ini.

Sementara, pemerintah Indonesia sendiri tengah menindaklanjuti rencana program kendaraan bermotor listrik berbasis listrik Kendaraan yang berperan sebagai transportasi jalan itu diprediksi akan meningkat dari tahun ke tahun.

Kendaraan listrik dikampanyekan untuk transportasi masa depan yang harus menjadi pilihan agar udara kota tetap bersih dan ramah lingkungan. 

Namun, tantangan ke depan memang diakui cukup besar, di antaranya adalah harga kendaraan listrik yang masih cukup tinggi, terutama pada komponen baterainya.

Seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Perhubungan, jumlah kendaraan berbasis listrik di Indonesia kurang lebih mencapai 10.300 yang sudah beredar di masyarakat, tetapi setelah keluarnya Perpres 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, diharapkan semakin banyak penggunaan kendaraan listrik di masyarakat.

Sementara, belum melesatnya populasi kendaraan listrik ini juga disebabkan oleh ketersediaan charging station kendaraan listrik yang masih terbatas.

Sesuai Perpres 55/2019, Menko Maritim dan Investasi pun sudah menugaskan kepada PLN secara bertahap untuk membangun charging station agar ketersediaan charging station di tengah-tengah masyarakat semakin mudah didapatkan.

Editor : Imantoko Kurniadi