Jumlah Wisatawan Korea Selatan di Bali Terus Meningkat, Pemerintah Korea Jajaki Kerja Sama dengan Basarnas

Chusna Mohammad
Jumat 23 September 2022 21:05 WIB
Jumlah Wisatawan Korea Selatan di Bali Terus Meningkat, Pemerintah Korea Jajaki Kerja Sama dengan Basarnas
Jumlah Wisatawan Korea Selatan di Bali Terus Meningkat, Pemerintah Korea Jajaki Kerja Sama dengan Basarnas. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

DENPASAR, celebrities.id - Pemerintah Korea Selatan menjajaki kerja sama dengan Basarnas Bali. Hal itu seiring makin banyaknya turis Negeri Ginseng yang berlibur ke Bali.

Rencana kerja sama itu terungkap dalam kujungan Direktur Pusat Manajemen Krisis Kementerian Luar Negeri Korea Kim Joon pada Jumat (23/9/2022).

"Kemungkinan menjajaki rencana kerja sama Polisi Maritim Korea dengan Basarnas," kata Kim Jon.

Kedua pihak berharap pertemuan ini dapat mempermudah koordinasi dan komunikasi apabila sewaktu-waktu diperlukan, terutama dalam hal pelayanan publik. Berdasarkan catatan Kedubes Korea Selatan, sekitar 200 ribu warga Korea mengunjungi Bali pada 2019 dan terus mengalami peningkatan sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

Hal ini menjadi salah satu alasan dibukanya Konsulat Korea di Bali sejak Mei 2021. Konsulat Korea Selatan di Bali menjadi cabang dari kedutaan besarnya di Jakarta, yang akan mengakomodir kepentingan serta perlindungan bagi warga negara Korea di Bali.

Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan, warga Korea Selatan yang berkunjung ke Bali banyak mendatangi objek-objek wisata alam.

"Kami cukup sering menangani kondisi membahayakan warga asal Korea Selatan yang sedang melakukan aktifitas di pantai," tutur Darmada.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra