Jupiter Terlihat dari Bumi Dini Hari Tadi? Berikut Fakta dan Potretnya

Yulia Puji Sadriana
Jumat 24 Juni 2022 13:45 WIB
Jupiter Terlihat dari Bumi Dini Hari Tadi? Berikut Fakta dan Potretnya
Jupiter terlihat dari bumi dini hari tadi. (Foto: celebrities.id/Twitter)

JAKARTA, celebrities.id – Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita. Tadi malah Jupiter dan planet lain terlihat dikarenakan adanya fenomena langka yang terjadi dalam kurun waktu 18 – 19 tahun. 

Fenomena ini dilihat terakhir pada 2004 dan baru terlihat lagi pada 24 Juni 2022.

Berikut informasi terkait dengan planet Jupiter yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/06/2022)  

Timeline

Fenomena planet lima sejajar terjadi pada pukul 04.30 WIB selama 50 menit. Planet yang terlihat dari bumi yaitu Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus terlihat dalam satu garis. 

Jarak terdekat Planet Jupiter dengan Bumi?

Apakah kalian tahu fenomena yang tadi pagi terjadi merupakan jarak terdekat planet Jupiter dengan Bumi dalam kurun waktu 50 tahun terakhir. Jarak terdekat Bumi dengan Jupiter yaitu 368 juta mil.  Planet Jupiter terlihat sangat terang tadi pagi, fenomena Jupiter sangat dekat dengan bumi sebelumnya pernah terjadi pada 1963.

Ukuran planet Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya, jupiter mempunyai nama lain yaitu Jove yang memiliki arti dewa langit dan Guntur. Planet ini lebih besar 11 kali dari bumi dan memiliki radius sebesar 69.911 km.

Foto Tangkapan Warganet 

Jupiter terlihat dari bumi dini hari tadi. (Foto: celebrities.id/Twitter)

Demikian penjelasan singkat tentang Jupiter serta fenomena planet sejajar. Untuk info menarik lainnya nantikan terus celebrities.id

Editor : Endang Oktaviyanti