Jusuf Kalla Bilang Tarif Pulau Komodo Terlalu Mahal, Segini Biaya yang Diusulkan

Carlos Roy Fajarta
Sabtu 06 Agustus 2022 15:38 WIB
Jusuf Kalla Bilang Tarif Pulau Komodo Terlalu Mahal, Segini Biaya yang Diusulkan
Tarif ke Pulau Komodo diusulkan Jusuf Kalla jangan terlalu mahal. (Foto: Indonesia.travel)

JAKARTA, celebrities.id - Jusuf Kalla (JK) mengusulkan tarif untuk berwisata ke Pulau Komodo sebesar Rp1 juta per orang dan dibatasi 500 orang setiap harinya.

“Karena itu tarif ini perlu dievaluasi. Dan saya usulkan tarifnya diturunkan, katakanlah Rp1 juta dan pengunjung dibatasi dengan kuota, misalnya 500 orang per hari. Jadi angka tersebut terukur dapat Rp500 juta tiap hari, dan per bulan bisa Rp15 miliar lebih pasti,” kata Jusuf Kalla, Sabtu (6/8/2022).

Dengan demikian, kata JK, maka masyarakat tetap mendapat penghasilan, karena hotel hidup, restoran hidup dan lain lainnya semua memiliki efek dan kota Labuan Bajo bisa hidup kembali. 

Jusuf Kalla menguraikan sesuai pengalaman kalau orang wisata seperti komodo itu orang datangnya mungkin hanya sekali seumur hidupnya. 

"Yang penting sudah pernah lihat. Jadi wisata itu harus memberikan ketenangan. Kalau di daerah wisata tidak tenang, ramai aksi demo, maka wisatawan tidak akan datang,” kata Jusuf Kalla. 

“Jadi itu kita turunkan tarif Rp1 juta dan kita batasi jumlah pengunjung sampai 500 orang setiap harinya,” ucap Jusuf Kalla. 

 

1
/
2