Kabar Duka! Dokter Ike Sri Redjeki Pembuat Ventilator Indonesia Meninggal akibat Covid-19

Muhammad Sukardi
Selasa 15 Juni 2021 15:34 WIB
Dunia kedokteran Indonesia berduka. Salah seorang dokter terbaiknya, dr. Ike Sri Redjeki, SpAn(K)-KIC., KMN, M.Kes, meninggal dunia akibat infeksi Covid-19. (Foto: celebrities.id/Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Dunia kedokteran Indonesia berduka. Salah seorang dokter terbaiknya, dr. Ike Sri Redjeki, SpAn(K)-KIC., KMN, M.Kes, meninggal dunia akibat infeksi Covid-19.

Dokter Ike Sri Redjeki merupakan sosok di balik ventilator buatan Indonesia. Ilmunya yang luar biasa mesti dia tinggalkan di dunia sebagai warisan yang amat berharga.

Dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif tersebut diketahui menghembuskan napas terakhir pada Selasa (15/6/2021) dini hari. Dokter Ike tak kuasa menahan ganasnya Covid-19. 

Dokter Ike adalah anggota tim pembuat ventilator Vent-I kerjasama antara ITB dengan Unpad. Dia juga dikenal sebagai dosen Fakultas Kedokteran Unpad yang sudah banyak memberikan ilmunya untuk dokter-dokter muda terbaik Indonesia.

Ventilator buatan tim dokter Ike diketahui sangat banyak membantu penanganan Covid-19 di Indonesia, terlebih di awal kejadian di mana alat medis tersebut begitu langka tetapi sangat diperlukan pasien Covid-19.

Diketahui, proyek kolaborasi ITB dengan Unpad tersebut hanya butuh satu bulan untuk lulus uji teknik BPFK Kementerian Kesehatan dan satu bulan kemudian berhasil mendapat sertifikat lulus uji klinis. Kini, sebanyak 1.000 ventilator Vent-I telah didistribusikan gratis ke sejumlah rumah sakit.

 

1
/
2