Kabar Gembira! 3 Dosis Vaksin CoronaVac Mampu Lindungi Tubuh dari Omicron

Muhammad Sukardi
Senin 17 Januari 2022 21:03 WIB
Kabar Gembira! 3 Dosis Vaksin CoronaVac Mampu Lindungi Tubuh dari Omicron
Vaksin CoronaVac dari Sinovac cukup efektif melawan varian Covid-19, termasuk Omicron. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Vaksin CoronaVac dari Sinovac cukup efektif melawan varian Covid-19, termasuk Omicron. Studi terbaru menunjukkan, 3 dosis vaksin CoronaVac menghasilkan antibodi terhadap Omicron.

"95 persen individu yang menerima 3 dosis CoronaVac memiliki antibodi penawar terhadap Omicron," demikian keterangan resmi Sinovac yang diterima MNC Portal, Senin (17/1/2022).

Studi yang dijalankan di Tiongkok tersebut melibatkan 120 peserta. Hasil penelitian ini pun mendukung penggunaan tiga dosis (vaksin booster) karena tingkat serokonversi dari antibodi penetralisir terhadap Omicron meroket dari 3,3% menjadi 95% untuk rangkaian dua dan tiga dosis masing-masing.

Lebih lanjut, pada partisipan penerima 3 dosis CoronaVac, peneliti mengisolasi 323 antibodi monoklonal manusia yang berasal dari memori sel B. Dari situ, setengahnya mengenali receptor binding domain (RBD) dan menunjukkan sebagian memberikan netralisasi pada variant of concern SARS-CoV2.

Pearson LIU, juru bicara Sinovac menyampaikan bahwa saat dunia terus bergulat dengan munculnya varian baru Covid-19, studi ini memberikan kepastian bahwa tipe vaksin nonaktif tetap efektif melawan Covid-19.

"Hasil studi ini juga mendukung pentingnya pemberian vaksin booster untuk memastikan perlindungan terhadap Covid-19." 

 

1
/
2