Kabar Gembira! Kendaraan Hasil Konversi Bakal Punya Surat Lengkap dan Keterangan Khusus di STNK dan BPKB

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Jumat 25 November 2022 22:19 WIB
Kabar Gembira! Kendaraan Hasil Konversi Bakal Punya Surat Lengkap dan Keterangan Khusus di STNK dan BPKB
Kendaraan hasil konversi bakal punya surat lengkap. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA,  celebrities.id - Kebijakan konversi kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) telah digulirkan, dan ditargetkan dapat mendorong percepatan tren kendaraan listrik di Indonesia. 

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menegaskan, jajarannya mendukung konversi kendaraan BBM ke listrik. 

Menurutnya, program ini dapat memberikan pilihan kepada masyarakat untuk beralih ke era elektrifikasi.

“Korlantas sudah sangat siap mendukung program ini dan bahkan Polda Metro Jaya sendiri sudah mengkonversi lebih dari 50 kendaraan melalui hasil kerja sama dengan Kementerian ESDM,” kata Firman, seperti dikutip dari laman Korlantas Polri, Jumat (25/11/2022).

Jenderal bintang dua ini menjelaskan, secara administratif kendaraan yang dikonversi nantinya akan diberikan keterangan khusus sebagai kendaraan listrik di STNK dan BPKB, jika dilakukan di bengkel resmi untuk melakukan konversi.

Nantinya, kendaraan konversi juga akan mendapatkan lambang garis biru pada bagian bawah nomor pelat yang menandakan itu kendaraan listrik. 

Selain itu, beberapa kebijakan juga didapatkan pada kendaraan hasil konversi.

“Di STNK dan BPKB ke depan keterangannya akan menjadi CC/kWh, sehingga nanti tinggal tunggu saja informasi dari pemerintah pusat ketika ada pergantian baterai,” ujarnya.

“Apakah nanti baterainya ada nomor serinya atau motornya yang kita jadikan identitas di STNK/BPKB sebagai kepemilikan. Ini tinggal menunggu dari kementerian-kementerian yang kendaraannya akan dikonversi,” ucapnya.

 

1
/
2