Kapan Kereta Gantung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Dibangun? Belum Jelas

Avirista Midaada
Minggu 06 Juni 2021 09:25 WIB
Rencana pembangunan kereta gantung di Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru belum jelas. (Foto: MPI/Avirista Midaada)

MALANG, celebrities.id – Rencana pembangunan kereta gantung di kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ternyata hingga kini belum ada kejelasan. 
Bahkan pihak pengelola wisata yakni Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) juga belum menerima grand design pembangunan kereta gantung.

Plt Kepala BB-TNBTS Novita Kusuma Wardani mengakui bila ada ide pembangunan kereta gantung di kawasan wisata Bromo, Tengger, dan Semeru, belum ada kejelasan grand design yang jelas dari Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang bakal membangun kereta gantung.

“Belum ada, karena kayaknya rencananya dari Jawa Timur, dari pusat sama sekali tidak ada, dan belum rencana detail ke kami, masih wacanalah,” ucap Novita ditemui saat media gathering di kantor BB-TNBTS, Sabtu (5/6/2021).

Namun diakui Novita, pihaknya belum pada posisi menolak atau menerima adanya wacana pembangunan kereta gantung di kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, mengingat pihaknya masih harus melihat lokasi pasti kereta gantung ini dibangun. “Prinsipnya selama sesuai aturan perundang-undangan tentu tidak bisa kami tolak, kalau tidak sesuai kami minta syarat prosedurnya,” kata dia.

Bila secara regulasi dan lokasi tidak melanggar bisa saja kereta gantung ini juga dibangun. Meski demikian sejauh ini pihaknya masih menunggu kajian yang kompeherensif, mengingat dari internal pihaknya belum melakukan kajian apapun terkait kereta gantung. Selama ini pihak Kementerian PUPR yang sedianya bakal membangun kereta gantung menggandeng investor, untuk melakukan kajian ilmiah.

 

1
/
2