Kapan Vaksin Cacar Monyet Datang ke Indonesia? Ini Kata Menkes

Icon CameraMuhammad Sukardi
Rabu 10 Agustus 2022 14:00 WIB
Kapan Vaksin Cacar Monyet Datang ke Indonesia? Ini Kata Menkes
Kapan vaksin cacar monyet datang ke Indonesia? (Ilustrasi: Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin angkat suara soal vaksin cacar monyet datang ke Indonesia. Menurutnya, untuk masyarakat yang sudah pernah mendapat vaksin smallpox, vaksin tersebut masih efektif menghalau cacar monyet.

"Untuk vaksin cacar monyet, mereka yang sudah pernah menerima vaksin smallpox tetap mendapat efek perlindungan dari virus monkeypox," ujarnya, Rabu (10/8/2022).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan beda dengan vaksin Covid-19, pada vaksin smallpox, siapapun yang sudah pernah mendapatkannya, efek vaksinnya akan bertahan seumur hidup.

"Beda dengan Covid-19 yang masa aktif antibodi yang terbentuknya itu ada batas waktu, nah kalau vaksin smallpox, siapapun yang menerimanya, efek perlindungan akan bertahan seumur hidup," ucapnya.

Dia tidak menjelaskan lebih detail apakah akan tetap mendatangkan vaksin cacar monyet ke Indonesia atau tidak. Namun, untuk saat ini pencegahan dengan perilaku hidup bersih dan sehat masih menjadi kunci mencegah terpapar virus penyakit.

 

1
/
2