Kartini, Mantan Buruh Pabrik yang Kini Berpenghasilan Puluhan Kali Lipat 

Icon CameraRizqa Leonny Putri
Rabu 09 November 2022 06:40 WIB
Kartini, Mantan Buruh Pabrik yang Kini Berpenghasilan Puluhan Kali Lipat 
Kartini, mantan buruh pabrik yang kini punya penghasilan puluhan kali lipat. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, celebrities.id - Kartini berusia 19 tahun ketika memutuskan merantau ke Jakarta. Keputusan gadis kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah itu bukan tanpa alasan. Dia ingin membantu ekonomi keluarga.

Ayahnya bekerja sebagai penarik becak, sedangkan ibunya menjahit untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Oleh karena itu setelah lulus SMK, dirinya ingin langsung bekerja untuk mendapatkan penghasilan agar dapat mengirimi orang tuanya uang.

Ada banyak hal yang ingin dilakukan Kartini untuk keluarganya. Misalnya, Kartini ingin membiayai renovasi rumah orang tuanya di Banjarnegara dari hasil jerih payahnya sendiri. Ya, rumahnya masih terbuat dari kayu dan anyaman bambu. Alasnya pun hanya tanah yang dilapisi dengan terpal.

Dia berharap rumahnya bisa ditembok dan beralaskan keramik. Selain itu, Kartini juga berharap mampu menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Dengan semangat itulah, Kartini memutuskan untuk pergi ke Ibu kota. Dia bekerja di sebuah pabrik yang memproduksi produk kesehatan wanita.

Kartini bersama sang ayah yang berprofesi sebagai tukang becak. (Foto: Istimewa)
Kartini bersama sang ayah yang berprofesi sebagai tukang becak. (Foto: Istimewa)

Ada banyak tantangan yang dihadapinya ketika pertama kali bekerja di Jakarta. Selain harus berusaha bertahan di situasi kerja yang kurang nyaman, pekerjaannya pun terasa berat. Ditambah lagi, upah yang dia dapatkan tidak cukup untuk membiayai hidupnya sendiri di Jakarta dan orang tua di kampung halaman.

Kartini pun berusaha memutar otak. Dia mulai berjualan skincare di sisa waktu yang dimilikinya. Namun, pada akhirnya, Kartini sadar bahwa dirinya butuh pekerjaan sampingan dengan waktu yang lebih fleksibel. Lalu, dia mencoba memfokuskan dirinya sebagai content creator dan mendaftarkan dirinya ke Shopee Affiliates Program. 

Di media sosial, Kartini menautkan link produk yang direkomendasikannya sehingga orang-orang bisa langsung mengklik dan membeli produk itu. Lalu, dia akan mendapat komisi melalui Shopee Affiliates Program.

1
/
2