Kasus Covid-19 Mengalami Penurunan, PPKM Darurat Dinilai Berbuah Manis

Muhammad Sukardi
Rabu 21 Juli 2021 13:54 WIB
PPKM Darurat dinilai berbuah manis. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa PPKM Darurat akan dibuka secara bertahap pada 26 Juli 2021, tetapi dengan catatan kondisi pandemi terkendali dengan baik. 

Untuk sementara, data yang dipegang menyatakan PPKM Darurat memberi efek positif pada penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Disampaikan melalui siaran digital pada Selasa (20/7/2021), Jokowi mengatakan bahwa masyarakat Indonesia patut bersyukur karena dengan diberlakukannya PPKM Darurat sejak 3-20 Juli, penambahan kasus menurun per harinya.

"Alhamdulillah, kita patut bersyukur setelah dilaksanakan PPKM Darurat, terlihat dari data penambahan kasus dan kepenuhan bed rumah sakit mengalami penurunan," kata Jokowi dalam siaran virtual tersebut.

"Kami selalu memantau, memahami dinamika di lapangan, dan juga mendengar suara-suara masyarakat yang terdampak dari PPKM. Karena itu, jika tren terus mengalami penurunan maka 26 Juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap," ujarnya.

Apa maksud dari pembukaan tersebut? Pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan buka sampai pukul 20.00 dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Pasar tradisional selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan buka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50 persen.

"Tentu saja dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, yang pengaturannya akan ditetapkan oleh pemerintah daerah," imbuhnya.

Lalu, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lainnya yang sejenis, diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00, yang pengaturan teknisnya akan diatur oleh pemerintah daerah.

 

1
/
4