Kasus Covid-19 Naik, Dinkes Kabupaten Bandung Barat Belum Temukan Pasien Terjangkit Varian XBB

Icon CameraAdi Haryanto
Jumat 18 November 2022 14:05 WIB
Kasus Covid-19 Naik, Dinkes Kabupaten Bandung Barat Belum Temukan Pasien Terjangkit Varian XBB
Kasus konfirmasi positif Covid-19 di meningkat, Kabupaten Bandung Barat belum temukan varian XBB. (Ilustrasi: Pixabay)

BANDUNG BARAT, celebrities.id - Kasus Covid-19 mengalami tren kenaikan dalam beberapa pekan terakhir di Jawa Barat, termasuk di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Kondisi itu, salah satunya disebabkan kemunculan tiga subvarian baru Covid-19, yaitu varian BA2.75, XBB, serta BQ1.

Meski begitu, Dinas Kesehatan KBB sejauh ini mengklaim belum ada kasus XBB yang muncul di wilayahnya. Penelusuran ke masyarakat tetap dilakukan termasuk terus berkoordinasi dengan sejumlah Puskesmas dan RSUD agar melaporkan jika ada temuan kasus baru. 

"Kami belum mendapatkan laporan ada pasien yang terpapar sub varian Omicron XBB di KBB," ujar Kepala Bidang Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Dinkes KBB Nurul Rasihan, Jumat (18/11/2022).

Dia mengatakan, semua pasien positif Covid-19 di KBB ditangani sesuai prosedur. Mereka ada yang sedang menjalani isolasi di rumah dan juga rumah sakit. Beberapa di antaranya ada yang dijadikan sampel untuk dilakulan uji klinis di laboratorium kesehatan Jawa Barat untuk memastikan varian virusnya. 

Varian sub omicron XBB berbeda dengan varian sebelumnya seperti delta dan omicron. Mulai dari gejala hingga tingkat virulensinya (virus menyebarkan penyakit. Tingkat keganasannya juga tidak seperti yang sebelumnya, hanya untuk penyebaran lebih cepat. 

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2