Kasus Kekerasan Seksual Banyak Dilakukan Ayah, Kemen PPPA Ungkap Penyebabnya

Carlos Roy Fajarta Barus
Minggu 15 Mei 2022 10:47 WIB
Kasus Kekerasan Seksual Banyak Dilakukan Ayah, Kemen PPPA Ungkap Penyebabnya
Ilustrasi kekerasan anak dilakukan oleh ayah. (Foto: celebrities.id/Pexels Rodnae Productions)

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyayangkan terjadinya kasus kekerasan seksual yang dilakukan oleh ayah, baik ayah kandung maupun ayah tiri terhadap anaknya di beberapa daerah di Indonesia.

Seperti diketahui, sejumlah kasus kekerasan seksual yang terungkap baru-baru ini ternyata dilakukan oleh ayah baik ayah kandung maupun ayah tiri. Sebut saja kasus yang terjadi di Batubara, Sumatera Utara; Pematang Siantar, Sumatera Utara; Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan; dan Kukar Kalimantan Timur.

Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak KemenPPPA, Agustina Erni mengungkapkan, maraknya kasus kekerasan seksual pada anak terlebih yang dilakukan oleh orang terdekat korban, seperti ayahnya sendiri.

Hal tersebut, kata Erni membuktikan masih terjadinya pengasuhan yang tidak layak kepada anak. Padahal, orang tua baik ayah, ibu, keluarga, atau wali bertanggung jawab untuk menerapkan pengasuhan berbasis hak anak.

Menurutnya, pandemi Covid-19 sampai saat ini masih menyebabkan rendahnya resiliensi keluarga dalam menghadapi perubahan. Orangtua atau keluarga tidak siap dalam mengasuh, mendidik dan mendampingi anak di rumah yang mengakibatkan mudah stres dan emosi.

 

1
/
3