Kasus Polio Ditemukan di Pekanbaru, Terdeteksi Belum Lakukan Imunisasi

Icon CameraKevi Laras
Minggu 19 Maret 2023 22:33 WIB
Kasus Polio Ditemukan di Pekanbaru, Terdeteksi Belum Lakukan Imunisasi
Kasus polio ditemukan di Pekanbaru, teridentifikasi belum jalani vaksinasi. (Foto: celebrities.id/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Kasus polio kembali terdeteksi di Indonesia, yang menurut laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kejadian tersebut ada di Pekanbaru. 

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, kasus yang ditemukan ada satu anak, dengan kondisi mengalami lumpuh atau tidak bisa jalan. 

Kata dr. Nadia kasus ini bermula pada Febuari 2021 dimana anak itu dibawa ke Puskesmas karena sempat mengalami demam dan kejang.

Setelah dicek ke laboratorium anak tersebut dinyatakan positif Polio. Kemudian ketika dilakukan pendalaman anak tersebut belum imunisasi Polio. 

"Kasusnya anaknya tidak bisa jalan dari 2021 Februari, dan alami demam dibawa ke Puskesmas ambil spesimen dan tidak ada riwayat imunisasi," kata dr. Nadia kepada MNC Portal, Minggu (19/3/2023)

"Di 2021 dia itu sudah tidak bisa jalan, ada riwayat demam dan kejang juga. Hasil lab konfirmasi polio" ucapnya lagi.

Sebelumnya, Polio pernah terdeteksi di Aceh pada 2022 dan Kemenkes mengatakan dari satu kasus itu masuk status kejadian luar biasa (KLB).

"Kita tahun ini satu kasus, jadi satu saja merupakan kejadian yang luar biasa," tutur Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu, dalam Konferensi Pers KLB Penyakit Polio secara daring, Sabtu (19/11/2022),

Disebut KLB karena memang dampak dari penyakit polio dikatakan bisa menyebabkan kelumpuhan total. 

Di mana virus polio menyerang sistem saraf seseorang, sehingga bisa melemahkan hingga mengecilkan otot pada manusia.

Perlu dipahami penyakit Polio sangat berbahaya bagi anak karena dampaknya permanen seumur hidup, menyebabkan kelumpuhan dan belum ada obatnya.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.