30 Kata-Kata Lucu dalam Bahasa Sunda dan Artinya, Dijamin Menghibur

Laras Dwi Sasmita
Jumat 24 Juni 2022 13:24 WIB
30 Kata-Kata Lucu dalam Bahasa Sunda dan Artinya, Dijamin Menghibur
Kata-kata lucu dalam bahasa Sunda dan artinya. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kata-kata lucu dalam Bahasa Sunda tak kalah seru untuk digunakan pada kehidupan sehari-hari. Terlebih bagi kamu yang padat dalam menjalani aktivitas.

Kata-kata lucu memang bisa jadi alternatif paling simpel buat hiburan di saat rehat. Meskipun judulnya adalah kata-kata lucu, tidak menutup kemungkinan terdapat pembelajaran dan nasihat yang bermanfaat. 

Melansir berbagai sumber, Jumat (24/6/2022), berikut 30 kata-kata lucu dalam Bahasa Sunda yang wajib dicoba.

Kata-kata lucu dalam Bahasa Sunda dan artinya 

1. "Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan."

Artinya: Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.

2. Hampura moal bisa males inbox dekah keur sare.”Artinya: Maaf enggak bisa bales inbox lagi tidur.

3. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah."

Artinya: Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.

4. "Hampura pulsa maneh teu mahi keur ningali foto uring.” 

Artinya: Maaf pulsa kamu tidak cukup untuk melihat foto saya.

5. “Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat."

Artinya: Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.

6. “Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar.” 

Artinya: Teman ialah dia yang suka meminjam uang dan tidak dibayar.

7. “Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari di konci setang mah.”

Artinya: Jangan dulu sombong kalau belum bisa balap motor sambil di kunci setang.

8. “Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang ngan boga batu. Geus dibabetkeun eta batu ka beungeut maneh.” 

Artinya: Gue sabar karena punya hati. Coba kalau gue punya batu, udah tak tabokin itu batu ke muka lo.

9. “Jadi pamuda ulah sok meok samemeh di pacok."

Artinya: Jadi pemuda itu jangan menyerah sebelum bertarung.

10. "Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah."

Artinya: Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.

11. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar."

Artinya: Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.

12. "Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang.”

Artinya: Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang.

13. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh."

Artinya: Sobat ingat hidup itu tidak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie saja.”

14. "Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu dipigawean.”

Artinya: Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan jika tidak dikerjakan.

15. "Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du'a serta ditutup ku rasa sukur."

Artinya: Hidup ini harus diawali dengan do'a dan ditutup dengna rasa syukur.

16. "Hirup mah ulah loda gaya gaya tapi kudud loba duit.”

Artinya: Hidup itu jangan banyak gaya tapi banyak uang.

17. "Hirup itu harus loba seuri, iar kalihatannya teh bagja alias senang. Meskipun mah hate keur notog titajong boleksek."

Artinya: Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihat bahagia atau senang. Meskipun hati dalam keadaan gundah.

18. Nu acan update status hujan badag sok gera update status bisai kaburu raat.”

Artinya: Yang belum update status ujan deras buruan update keburu reda.

19. "Tadinya ek mandi, pas ngaca eh manis keneh, ah tamas we"
Artinya: Tadinya mau mandi, pas ngaca eh masih manis, ya udah cuci muka saja.” 

20. "Mun aya nu neangan urang, bejakeun: teangan we urang di google.”

Artinya: kalau ada yang nyariin aku, kasih tau: cari aja aku di google.

21. "Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia."

Artinya : Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku punya batu. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.

22. "Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar dikeueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting bersih tur enak ka tempona."

Artinya: Cinta yang tulus itu ibarat kain sutra yang direndam 7 hari tujuh malam. Meskipun kata teman abu, tapi menurut cinta yang penting bersih dan enak dipandang.

23. "Nyaahna aa ka neg teh jiga tukang bank keur nagih hutang (hayoh mumuntil)."

Artinya: Cintaku sama kamu laksana tukang bank yang lagi nagih utang ngikutin terus.

24. "Bobogohan jeung sia mah kalah matak rujad dompet."

Artinya: Pacaran sama kamu itu bikin rusak dompet.

25. "Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan."

Artinya: Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener asli.

26. "Terus aing kudu kitu, terus aing kudu kieu. Hayoh we terus-terus, emang aing tukang parkir."

Artinya: Terus gue harus gitu, terus gue harus gini. Terus aja terus-terus, emang gue tukang parkir.

27. "Sakabeh perjalanan nu teu dihareupkeun pasti bakal sae dina palebahtung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna."

Artinya: Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung.

28. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor."

Artinya: Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.

29. “Terkadang pami cinta geus melekat, ati ucing oge karasa nikmat siga coklat.”

Artinya: Terkadang kalau cinta sudah melekat, tai kucing pun terasa nikmat ibarat coklat.

30. "Hese ari bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro.”

Artinya: Susah kalo suka sama orang yang gak suka kita. Ibarat beli rokok sebatang ke Indomaret, gak di gubris.

Editor : Endang Oktaviyanti