Kawasan Kota Tua Selesai Revitalisasi, Pedagang Kaki Lima Lebih Tertib

Muhamad Fadli Ramadan
Minggu 18 September 2022 20:39 WIB
Kawasan Kota Tua Selesai Revitalisasi, Pedagang Kaki Lima Lebih Tertib
Pedagang kaki lima di Kota Tua jadi lebih tertib usai di revitalisasi. (Foto: PI/Fadli)

JAKARTA, celebrities.id Kawasan wisata Kota Tua saat ini terlihat jauh lebih bersih dan nyaman dengan hilangnya para pedagang kaki lima yang biasanya menjajalan dagangannya. Bukan hanya di sekitar kawasan, bahkan mereka berjualan di dalam kawasan Kota Tua. 

Tetapi, kini para pedagang kaki lima tidak diizinkan untuk berdagang di dalam kawasan Kota Tua dan mendapat tempat di lokasi binaan. Tetapi, letaknya yang cukup jauh membuat mereka mengisi tempat-tempat kosong di sekitar kawasan. 

Sebelumnya, pedagang kaki lima diizinkan berjualan di kawasan Kota Tua di salah satu lorong. Tapi, keberadannya membuat kawasan Kota Tua terlihat menjadi kumuh dan itu juga menyebabkan banyaknya sampah yang ditinggalkan wisatawan. 

Atas alasan tersebut, para pedagang kaki lima akhirnya direlokasi ke lokasi binaan yang berada di jalan cengkeh. Namun, lokasinya cukup jauh dan tidak banyak wisatawan yang mengetahui tempat tersebut sehingga pemasukan mereka menjadi berkurang.. 

Petugas Keamanan Kota Tua Andi Asmara mengatakan pemindahan tersebut merupakan bagian dari program revitalisasi kawasan Kota Tua. Tapi, dia tak menutup kemungkinan nantinya para pedagang kaki lima akan mendapat lokasi berjualan yang lebih dekat. 

“Para pedagang kaki lima masih dalam proses musyawarah dengan pemerintah daerah. Untuk sementara mereka direlokasi ke lokasi binaan di Jalan Cengkeh,” kata Andi kepada MNC Portal, Minggu (18/9/2022). 

Andi Asmara menegaskan pemerintah daerah sedang berusaha mempercantik Jakarta salah satunya dengan merevitalisasi Kota Tua. Menurutnya, para pedagang kaki lima harus bisa bekerja sama agar tercipta suatu kawasan wisata yang lebih baik. 

 

1
/
2