Kawasan Lembang Jadi Incaran Wisatawan saat Libur Imlek, Volume Kendaraan Naik hingga 27 Persen 

Icon CameraAdi Haryanto
Senin 23 Januari 2023 13:57 WIB
Kawasan Lembang Jadi Incaran Wisatawan saat Libur Imlek, Volume Kendaraan Naik hingga 27 Persen 
Kawasan Lembang jadi incaran wisatawan saat libur Imlek.(Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, celebrities.id - Volume kendaraan ke kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada momen Hari Raya Imlek mengalami peningkatan yang signifikan bahkan terjadi kemacetan di sejumlah jalan utama khususnya yang menuju tempat-tempat wisata.

"Hasil monitoring di lapangan, saat libur Imlek kemarin dari pagi hingga malam kendaraan ke kawasan Lembang ada peningkatan sekitar 25-27% persen," kata Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto, Senin (23/1/2023).

Kendaraan terpantau yang menuju kawasan wisata Lembang didominasi oleh kendaraan pribadi dari luar kota. Ada juga bus-bus rombongan pariwisata yang mengantar para wisatawan ke sejumlah objek wisata seperti ke kawasan Jayagiri dan Cikole Lembang. 

Dikatakannya, karena volume kendaraan cukup padat yang mengarah dari Kota Bandung ke Lembang, pihaknya melakukan sistem oneway untuk mengurai kepadatan. Titik pengaturan berada di kawasan pertigaan Beatrix dengan menutup salah satu lajur selama 15 menit. 

"Sejak pagi sampai siang, dilakukan tujuh kali oneway penarikan dari bawah (Bandung) ke atas (Lembang), sedangkan dari Lembang ke Bandung tiga kali penarikan," tuturnya. 

Momen libur Imlek kali ini banyak dimanfaatkan warga untuk berwisata karena kondisi sudah bebas tidak ada pembatasan jumlah kunjungan di tempat wisata. Selain itu adanya cuti bersama bagi sebagian pekerja, membuat libur menjadi cukup panjang hingga hari Senin ini. 

Wisatawan yang berlibur ke Lembang diprediksi masih terjadi hingga hari ini. Namun kemungkinan tidak akan sebanyak seperti kemarin yang melonjak drastis. Anggota kepolisian setempat juga tetap akan disiagakan di titik-titik rawan kemacetan terutama di Lembang untuk memperlancar mereka yang akan berwisata.

"Secara keseluruhan dari pagi hingga malam kemarin total dilakukan 17 kali oneway dari titik Farmhouse hingga Beatrix. Masing-masing 10 kali ke atas (Bandung-Lembang) dan tujuh kali ke bawah (Lembang-Bandung)," tuturnya.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News