KCSC Jatuhkan Sanksi Acara Idol School usai Memanipulasi Hasil Suara, sang Produser Dipidana 

Ratu Syra Quirinno
Selasa 09 November 2021 10:01 WIB
KCSC Jatuhkan Sanksi Acara Idol School usai Memanipulasi Hasil Suara, sang Produser Dipidana 
Acara Idol School dijatuhi sanksi akibat sang produser memanipulasi hasil suara demi rating. (Foto: celebrities.id/Soompi)

SEOUL, celebrities.id - Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC) menghukum produser acara pencarian bakat Idol School Mnet. Pasalnya, kontes pencarian idol itu terbukti memanipulasi hasil suara pemirsa demi rating.

Idol School merupakan sebuah acara survival grup vokal perempuan yang disiarkan Mnet sejak 2017. Program tersebut bertujuan untuk membentuk grup vokal perempuan beranggotakan 9 orang dari 41 partisipan perempuan, yang dilatih bernyanyi dan menari selama 11 pekan.

Menukil Soompi, Selasa (9/11/2021), KCSC mengadakan rapat umum dan memutuskan Idol School Mnet dan Live Live Economics, Information Talk Talk SBS Biz dijatuhi sanksi denda. 

Idol School dikecam karena secara sewenang-wenang mengubah metode penghitungan suara pemirsa selama sembilan episode. 

Hal itu dilakukan untuk memanipulasi hasil peringkat dan kontestan mana yang dieliminasi. Produser Idol School didakwa dan hukuman pidana atas kasus tersebut.

Sementara, Live Live Economics, Information Talk Talk dikecam karena telah menyiarkan informasi palsu dengan menyuruh orang-orang untuk menyamar sebagai pemilik pertanian dan berbagai pakar.
 
Newstapa sebelumnya melaporkan bahwa dalam kasus ini, para wartawan muncul di siaran mereka sendiri untuk membuat berita palsu.

Besaran denda yang tepat akan ditentukan dalam rapat umum berikutnya setelah mempertimbangkan secara rinci, isi, durasi, dan jumlah pelanggaran yang terlibat.

KCSC juga mengeluarkan peringatan dalam 42 kasus saluran belanja rumah dan konten serupa lainnya yang menyesatkan pemirsa.

Editor : Dhita Seftiawan