Keajaiban Kurma Favorit Nabi Muhammad SAW, Buah yang Tumbuh dalam 5 Fase Kehidupan

Novie Fauziah
Kamis 13 Januari 2022 23:57 WIB
Keajaiban Kurma Favorit Nabi Muhammad SAW, Buah yang Tumbuh dalam 5 Fase Kehidupan
Berbuka puasa dengan memakan kurma dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. (Foto: celebrities.id/Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Kurma jadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat, baik untuk dijadikan olahan makanan atau obat. Bahkan, Nabi Muhammad SAW pun sangat menyukai buah yang tumbuh di tanah tandus ini.

Selain itu, kurma memiliki keistimewaan lain. Dikutip dari buku pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah karya Dr. Nadiah Thayyarah, kurma memiliki segudang keistimewaan. Misalnya, tumbuh dalam lima fase.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَهُزِّىٓ إِلَيْكِ بِجِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ تُسَٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا.لِى وَٱشْرَبِى وَقَرِّى عَيْنًا ۖ فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ ٱلْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِىٓ إِنِّى نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ ٱلْيَوْمَ إِنسِيًّا

Wa huzzī ilaiki bijiż'in-nakhlati tusāqiṭ 'alaiki ruṭaban janiyyā.Fa kulī wasyrabī wa qarrī 'ainā, fa immā tarayinna minal-basyari aḥadan fa qụlī innī nażartu lir-raḥmāni ṣauman fa lan ukallimal-yauma insiyyā

Artinya: "Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini". (QS. Maryam: 25-26).

 

1
/
2