Kebijakan PPKM Diperpanjang, Bagaimana Cara Merencanakan Staycation yang Tepat?

MNC Media
Kamis 22 Juli 2021 18:47 WIB
Mister Aladin sebagai online travel agent milik MNC Group memberikan kemudahan bagi Anda yang harus menginap di hotel. (Foto: celebrities.id/ MNC Media).

JAKARTA, celebrities.id - Merebaknya Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia, membuat pemerintah melakukan berbagai cara untuk menekan kasus positif. Secara kumulatif sampai dengan Rabu (21/7/2021), kasus positif mencapai 2.983.830 orang, setelah ada penambahan sebanyak 33.772 kasus.

Sebelumnya beberapa hari lalu, pemerintah menyatakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat  3 Juli hingga 20 Juli memang sudah menunjukkan adanya penurunan jumlah kasus positif, tetapi angkanya masih fluktuatif.

Itulah sebabnya kemudian pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM hingga 25 Juli mendatang meskipun kali ini tidak lagi dengan sebutan darurat. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan,  PPKM Darurat diganti dengan kategori level agar memudahkan klasifikasi di tiap daerah.

"Kita sekarang kategorikan di level 1, level 2, level 3, dan level 4. Level 4 itu sama dengan PPKM darurat, jadi kita tidak pakai istilah darurat lagi, pakai level aja. Jadi di level 4 per hari ini sebenarnya sudah ada yang masuk di level 3, di level 3 itu di bawah level 4, jadi banyak kemudahan, tapi kita tidak mau langsung dibuka, tunggulah beberapa hari kedepan," kata Luhut seperti dikutip Okezone.com pada Rabu, (21/07/2021).

Walau istilahnya sedikit berbeda, namun pembatasan masih sama. Pembatasan pada sektor kritikal, esensial dan non esensial masih berlaku hingga 25 Juli mendatang, termasuk bisnis perhotelan yang masuk ke dalam sektor esensial. Berdasarkan Inmendagri Nomor 22 Tahun 2021, perhotelan non penanganan karantina dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen.

 

1
/
3