Kecap Bumbu Masak dan Kecap Cocol, Apa Bedanya?

Siska Permata Sari
Senin 01 Agustus 2022 14:21 WIB
Kecap Bumbu Masak dan Kecap Cocol, Apa Bedanya?
Kenali perbedaan kecap masak dan kecap cocol. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kecap di pasaran ada begitu banyak macamnya. Bahkan, banyak kuliner di Tanah Air yang dimasak maupun dikonsumsi bersama kecap, baik itu kecap manis maupun asin.

Misalnya saja, nasi goreng, semur, ayam panggang, rawon, bahkan soto, yang bumbu kecapnya kadangkala dituang di atas nasi hangat atau dicampur bersama kuahnya. 

Saking menjadi bumbu makanan sehari-hari, sejumlah daerah di Indonesia mempunyai kecapnya masing-masing.

Hal itu diceritakan Antropolog Makanan sekaligus Alumni MasterChef Indonesia season 8, Hardian Eko Nurseto. Dia mengatakan, setiap kecap punya pasangannya masing-masing.

“Tiap kecap punya pasangan (makanan) masing-masing, sesuai dengan karakter rasa kulinernya dari daerah tertentu,” ujarnya saat ditemui usai Pameran Jaga Warisan Nusantara (Jagantara) di Ashta District 8, SCBD, Jakarta, belum lama ini.

Menariknya lagi, Seto juga mengungkap bahwa ada dua jenis kecap. Yaitu, kecap yang enak dijadikan bumbu masak dan kecap cocol atau yang biasa dijadikan saus untuk dicocolkan makanan. 

“Ada kecap cocolan atau yang dimakan langsung. Ini (jenis kecap) bukan bumbu (yang dimasak) tetapi jadi saus,” katanya.

Dia menjelaskan, perbedaannya ada pada aroma dan rasa. “Biasanya, yang jadi kecap cocol itu punya layer rasa lebih banyak dan aromatik atau aromanya lebih kuat (dibandingkan kecap masak),” ucap dia lagi.

Editor : Endang Oktaviyanti