Kecelakaan Sepeda Motor Rentan Menimpa Usia Produktif, Ini Faktor Pemicunya

Bertold Ananda
Jumat 01 Oktober 2021 01:09 WIB
Kecelakaan Sepeda Motor Rentan Menimpa Usia Produktif, Ini Faktor Pemicunya
Kecelakaan lalu lintas kerap terjadi di mana saja dan kapan saja. (Foto: Okezone/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Kecelakaan lalu lintas kerap terjadi di mana saja dan kapan saja. Hal itu tentu disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling banyak adalah human error. Maka dari itu perlu kesadaran diri masyarakat untuk mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

Seperti yang dikatakan oleh Johanes Lucky selaku Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor pada acara peluncuran fasilitas pembelajaran dan edukasi safety riding yang berlokasi di AHM Safety Riding Park, Kota Deltamas, Cengkareng. Dia membeberkan bahwa kecelakaan sepeda motor kerap terjadi pada usia produktif.

“Untuk data dari Hondanya sendiri kita tidak punya, akan tetapi kita menggunakan riset dan data dari kepolisian. Dari data kepolisian memang rentan di usia produktif antara 16 sampai 24 tahun,” ujar Johanes Lucky.

Seperti diketahui memang pada usia 16 tahun memang belum diperbolehkan berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Hal itu disebabkan belum tercapainya umur yang berlaku pada peraturan  Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang bersikann Persyaratan usia, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf a, paling rendah berusia 17 (tujuh belas) tahun untuk SIM A, SIM C, dan SIM D.

Namun kendati peraturan yang dibuat demikian ternyata tidak dapat dipungkiri bahwa usia produktif tersebut sudah banyak anak muda yang mulai berinteraksi dengan kendaraan roda dua sepeda motor.

“Di antara umur itu mereka ada yang sudah mulai berinteraksi di jalan raya gitu ya, sampai ke usia yang ke 24 tadi,” ucapnya.

Megenai hal tersebut tentunya dapat memicu jumlah kecelakaan yang signifikan. Hal ini disebabkan umur seperti itu belum terbentuk kedewasaan mental dan emosi anak dalam mengendari kendaraan bermotor

Lucky juga menambahkan informasi bahwa di Indonesia sendiri terdapat total 100 ribu kecelakaan yang diakibatkan oleh sepeda motor per tahun, sampai korban meninggal.

“Untuk angka saya tidak begitu hafal, akan tetapi rata-rata di Indonesia sendiri sekitar 100 ribuan / tahun. Untuk korban meninggal kalau dirata-rata per jam antara 2-3 orang meninggal dunia itu data dari Korlantas,” tuturnya.
 

Editor : Mohammad Saifulloh