Kegiatan Belajar Mengajar Tatap Muka Segera Dimulai, Vaksinasi Covid-19 pada Anak Belum Dilakukan

Muhammad Sukardi
Senin 31 Mei 2021 19:18 WIB
Pemerintah merencanakan penerapan kembali pembelajaran secara tatap muka, padahal vaksin untuk kelompok anak-anak belum sama sekali dilakukan. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah merencanakan penerapan kembali pembelajaran secara tatap muka. Tetapi masih menimbulkan kekhwatiran bagi para orangtua. Pasalnya, hingga saat ini belum ada wacana vaksinasi bagi kelompok anak-anak. Padahal, lonjakan kasus positif Covid-19 di Tanah Air belakangan begitu masif.

Meski bukan termasuk dalam kelompok rentan, anak-anak juga berisiko terinfeksi Covid-19 dan menularkan pada orang lain yang ada di sekitarnya. Banyak masyarakat yang bertanya, kapan vaksinasi Covid-19 bisa diberikan kepada kelompok anak-anak?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, memberi tanggapan. Anak-anak harus menunggu rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), organisasi profesi lainnya dan juga Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), sebab mereka akan melihat vaksin apa yang bisa digunakan untuk anak-anak.

“Kita harus memastikan dulu apakah vaksin tersebut sudah ada di negara kita? Atau harus mencari jenis vaksin baru? Kalau harus vaksin baru berarti pemerintah harus melakukan negosisasi kembali dan belum tentu produsennya memiliki stok vaksin yang cukup,” kata dr. Siti, dalam Live Streaming ‘Mengenal Varian Baru Covid-19 dan Efektivitas Vaksin’ pada Senin (31/5/2021).

 

1
/
2