Kekayaan Keluarga Raline Shah, Anak Pengusaha asal Sumatera Utara

Icon CameraRatu Syra Quirinno
Kamis 01 September 2022 22:00 WIB
Kekayaan Keluarga Raline Shah, Anak Pengusaha asal Sumatera Utara
Kekayaan Keluarga Raline Shah. (Foto:celebrities.id/Instagram @ralineshah)

JAKARTA, celebrities.id Kekayaan keluarga Raline Shah kerap menyita perhatian netizen. Raline Shah merupakan salah satu artis cantik tanah air yang dikenal kaya raya. Kekayaan keluarga Raline Shah pun menarik untuk dibahas.

Raline Shah merupakan anak dari pasangan Rahmat Shah dan Roseline Abu. Lantas bagaimana dengan Kekayaan keluarga Raline Shah? Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/9/2022), berikut ulasannya.

Kekayaan Keluarga Raline Shah

Sang ayah Dr. H. Rahmat Shah merupakan seorang pengusaha asal Sumatera Utara yang pernah menjabat sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dari tahun 1999 hingga 2004 dan anggota Dewan Perwakilan Daerah dari 2009 hingga 2014. Sedangkan sang ibu, Roseline Abu, adalah seorang dermawan sekaligus pegiat YPAC Medan (Yayasan Pembinaan Anak Cacat), sebuah sekolah untuk anak-anak cacat mental dan fisik.

Roseline juga pernah menjadi presiden Women’s International Club di Medan dari 2002 hingga 2004. Raline memiliki dua orang adik laki-laki, Rollin dan Rollan. Lantas apa saja kekayaan keluarga Raline Shah? Ayahnya adalah CEO dari beberapa perusahaan Indonesia yang bergerak di industri pertanian, properti, ekspor dan impor, serta manufaktur.

Rahmat memiliki beberapa perusahaan yang masih dia kelola hingga saat ini. Beberapa perusahaan yang didirikan oleh Rahmat adalah PT Unitwin Indonesia dan PT Cakra Compact Aluminium Industries. Pada 1990-an, Rahmat mendirikan PT Cakra Aluminium Industry, yang kemudian menjadi Cakra Compact Aluminium Industries setelah melakukan joint venture dengan Compact Metal Industry dari Singapura.

Melalui Compact Metal Industry, Cakra Compact Aluminium Industries telah tercatat di Bursa Efek Singapura (Singapore Exchange). Rahmat juga meremajakan PT Unitwin Indonesia dan mengembangkan Cemara Hijau, sebuah kompleks perumahan di Medan. Rahmat juga mendirikan PT Wiraco bersama dengan Jenderal Widjojo Soejono, mantan Kepala Staf Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib), dan Widodo Budidarmo, mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

PT Wiraco merupakan distributor peralatan untuk perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, seperti PT Krakatau Steel, Semen Padang, IPTN Bandung, dan PT PAL. Kegemarannya terhadap hewan disalurkan ke museum dan kebun binatang yang dikelolanya. Rahmat merupakan salah satu pendiri museum margasatwa Rahmat International Wildlife Museum and Gallery di Medan, Sumatera Utara.

Ini merupakan satu-satunya museum di Asia yang memiliki lebih dari 5,000 spesimen taksidermi. Pada tahun 1996, dia juga mengambil alih kebun binatang terbesar di Sumatera Utara, yang berlokasi di Pematangsiantar.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra