Kekurangan dan Kelebihan Emas Muda, Begini Cara Perawatannya

Icon CameraSri Lestari Rahayuningtyas
Minggu 15 Januari 2023 20:48 WIB
Kekurangan dan Kelebihan Emas Muda, Begini Cara Perawatannya
Kekurangan dan kelebihan emas muda. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kekurangan dan kelebihan emas muda banyak dicari karena memiliki perawatan yang lebih banyak dari emas tua. 

Meski demikian, banyak masyarakat yang tidak tahu tentang hal itu sehingga kondisi emas muda pun mudah rusak. 

Lantas apa saja kekurangan dan kelebihan emas muda? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber pada Minggu (15/1/2023). 

Kekurangan dan Kelebihan Emas Muda 

1. Kadar karat 

Kadar kemurnian atau karat emas muda dan tua berbeda. Emas muda memiliki kadar karat yang lebih rendah dari emas tua. 

Sebagai informasi, di dunia perhiasan internasional, emas sendiri lebih dikenal berdasarkan karatnya, mulai dari 10 karat, 14 karat, 18 karat, hingga paling mahal 24 karat. Sedangkan, emas muda cenderung dipasarkan dalam kadar minimal 10 karat. 

2. Warna 

Setiap jenis emas memengaruhi warna-warna pada perhiasan emas. Sebab, perhiasan emas sendiri biasanya dikombinasikan dengan campuran bahan lain seperti nikel, palladium, dan sebagainya. 

Umumnya, emas muda dengan kadar kombinasi bahan campuran lebih tinggi dan biasanya cenderung akan memperlihatkan warna-warna dari logam yang digunakan untuk campuran. 

Kondisi inilah yang mendasari emas muda lebih disarankan sebagai dasar pembuatan bagi konsumen yang menginginkan cincin dengan dua atau tiga warna. 

3. Tahan banting 

Walaupun kemurniannya lebih rendah, emas muda ternyata lebih tahan banting. Hal ini terjadi karena emas muda dicampurkan dengan logam lain yang lebih banyak. 

Kondisi ini lantas lebih baik jika dibandingkan dengan emas tua atau emas 24 karat. Ya, emas murni justru memiliki tekstur lembek, maka dari itu jika ingin membeli cincin nikah disarankan kadar karatnya yang lebih rendah. 

Sementara itu, emas muda cenderung lebih keras karena kadar karatnya yang rendah dan cocok dipakai dalam aktivitas sehari-hari. 

4. Harga 

Soal harga, emas muda tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan emas tua. Pasalnya, dalam dunia emas, persentase campuran emas masih menjadi patokan harga. Karena hal itulah, harga emas muda jauh lebih murah, tetapi Moms tetap perlu melihat segi kualitasnya juga, ya. 

Sebab, harga emas muda bisa berubah mahal apabila emas yang dibeli berkualitas tinggi dan memiliki sertifikat. Untuk itu, bagi para pemula, cobalah membeli emas muda sebagai perhiasan karena tak akan merogoh kocek terlalu dalam untuk sekadar mendapatkan sekeping perhiasan emas. 

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2