Kekurangan Stok Pangeran, Kekaisaran Jepang Berniat Adopsi Anak Laki-Laki

Rizky Pradita Ananda
Rabu 08 September 2021 23:45 WIB
Kekurangan Stok Pangeran, Kekaisaran Jepang Berniat Adopsi Anak Laki-Laki
Keluarga kekaisaran atau royal family Jepang tengah dihadapkan pada situasi kekurangan pangeran yang akan menjadi penerus. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Keluarga kekaisaran atau royal family Jepang tengah dihadapkan pada situasi kekurangan pangeran yang akan menjadi penerus.

Dari laporan Dailymail, seperti dikutip MSN, Rabu (8/9/2021), pangeran Hitachi yang sudah berusia 85 tahun disebutkan berencana mengadopsi seorang anak laki-laki untuk menyelamatkan keluarga kekaisaran Jepang dari kepunahan karena kekurangan pangeran.

Di bawah hukum rumah tangga kekaisaran Jepang atau Imperial Household Law, diketahui hanya seorang anak laki-laki keturunan dari seorang kaisar laki-laki yang dapat naik tahta. Kenyataannya, saat ini hanya ada empat laki-laki yang memenuhi syarat yang tersisa dalam garis keturunan Naruhito. Satu di antaranya berusia di atas 55 tahun.

Dengan adanya potensi kepunahan dinasti Kaisar Naruhito, ditambah tak ada jaminan Pangeran Hisahito yang sekarang masih berusia 15 tahun akan menghasilkan keturunan seorang anak laki-laki, pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan perubahan pada hukum Imperial Household Law yang memungkinkan Pangeran Hitachi dan sang istri, Hanako, untuk bisa mengadopsi seorang ahli waris.

Rincian rencana pengangkatan anak ini sendiri belum dikonfirmasi. Anehnya, informasi itu sudah bocor tersebar oleh kantor berita Kyodo yang menyebutkan jika panel menteri ahli telah dibentuk khusus untuk masalah ini. 

 

1
/
2