Kelebihan dan Kekurangan Android 11 yang Perlu Kamu Ketahui

Oktiani Endarwati
Jumat 17 Juni 2022 15:02 WIB
Kelebihan dan Kekurangan Android 11 yang Perlu Kamu Ketahui
Kelebihan dan Kekurangan Android 11 yang Perlu Kamu Ketahui. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Google telah merilis sistem operasi Android 11 pada September 2020. Ada sejumlah kelebihan pada Android 11 dibandingkan versi sebelumnya. Meski begitu, ada juga beberapa kekurangan dalam Android 11.

Berikut kelebihan dan kekurangan Android 11 yang perlu kamu ketahui dilansir dari berbagai sumber, Jumat (17/6/2022):

Kelebihan Android 11

Adanya pembaruan pada sistem Android 11 membuat pengguna bisa mencoba sejumlah fitur baru yang belum ada pada versi sebelumnya. Fitur-fitur tersebut akan sangat membantu pengguna Android 11 yang menginginkan lebih cepat dan efisien

Pengguna Android 11 juga mendapatkan pembaruan yang lebih fokus kepada privasi, seperti izin aplikasi yang lebih ketat dan kontrol notifikasi yang jauh meningkat.

Berikut kelebihan fitur-fitur yang terdapat pada Android 11:

1. Tombol Power

Jika biasanya tombol power hanya berfungsi untuk mematikan dan menyalakan ponsel, kini pada Android 11 tombol power memiliki fungsi beragam. Beberapa fitur terbaru di dalam tombol power, seperti Google Play Credit, kartu debit, dan ada beberapa tombol smart home devices. Meski begitu, fitur tersebut hanya bisa ditemui pada ponsel yang canggih, seperti ponsel Google Pixel.

2. Penambahan fitur perekam

Sebelumnya, pada Android 10, fitur perekam layar tidak akan Anda temukan. Namun pada Android 11, fitur Screen Record kembali dimunculkan dan tentunya dengan peningkatan kompatibilitas yang lebih baik lagi. Sayangnya masih ada beberapa bug dari fitur screen record ini, misalnya saja tidak ada audio internal.

3. Layar sentuh yang lebih sensitif 

Fitur ini berguna untuk layar yang menggunakan tambahan pelindung. Ada opsi "Increase touch sensitivity" atau "tambah sensitivitas sentuhan" dapat meningkatkan sensitivitas layar sentuh smartphone anda.

4. Auto revoke permissions

Fitur Auto revoke permissions pada Android 11 akan sangat bermanfaat sekali dalam memberikan keamanan dan perlindungan ekstra dari aplikasi-aplikasi yang mencurigakan.

5. Tampilan layar yang lebih baik 

Android 11 menawarkan kelebihan performa yang lebih baik lagi untuk ponsel dengan layar yang dapat melengkung hingga ke bagian belakang bodi ponsel. Pengguna dapat menyentuh layar bagian samping atau bahkan belakang layar bodi untuk interaksi yang lebih lancar pada Android 11.

6. Pembaruan Notifikasi

Pada Android 11, ada fitur notifikasi bisu yang sangat berguna sekali terutama ketika Anda sedang merekam video dari ponsel. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membisukan notifikasi selama melakukan kegiatan merekam video. 

Selain itu, melalui versi terbarunya ini memungkinkan pengguna untuk memperbaiki masalah notifikasi pesan yang sebelumnya menumpuk menjadi terpisah dengan notifikasi tidak penting.

7. Penambahan fitur screenshot

Fitur ini memang bukan hal yang baru karena pada versi sebelumnya juga sudah ada. Namun, kelebihan pada Android 11 adalah bisa menangkap gambar dengan format panjang.

8. Fitur Bluetooth

Pada versi terbaru ini, pengguna bisa menyalakan bluetooth meskipun sedang dalam mode pesawat terbang. Berbeda dengan versi sebelumnya jika Anda memilih mode pesawat terbang, fitur  bluetooth juga ikut mati.

9. Ada jaringan 5G

Android 11 dipastikan akan bekerja lebih baik dalam hal teknologi baru seperti 5G.

10. Peningkatan layanan panggilan

Android 11 memungkinkan pengguna untuk menyaring panggilan yang tidak diinginkan

 

1
/
2