Kelistrikan Motor Bermasalah? Cek 4 Komponen Ini

Bertold Ananda
Sabtu 28 Agustus 2021 20:43 WIB
Kelistrikan Motor Bermasalah? Cek 4 Komponen Ini
Kelistrikan motor juga harus selalu dicek. (Foto: celebrities.id/Ist)

JAKARTA, celebrities.id - Selain mesin, komponen elektrikal pada sebuah kendaraan memiliki peranan krusial pada saat berkendara. Tak terkecuali pada motor. 

Pasalnya, kelistrikan pada kendaraan tidak hanya untuk menghidupkan lampu saja, akan tetapi berfungsi juga untuk mendukung sistem pengapian pada ruang bakar.

Untuk itu, komponen kelistrikan tersebut jangan sampai luput dari perawatan. Memang pada kendaraan bermotor kerap terjadi masalah yang timbul. Perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh kendala tersebut. Jika timbul masalah kelistrikan pada kendaraan Anda, maka simak ulasan ini.

Dirangkum dari laman resmi Astra Motor (28/08/2021), berikut kendala dan masalah yang terjadi pada kelistrikan motor:

1. Kiprok

Komponen regulator atau yang biasa dikenal dengan sebutan bengkel kiprok, merupakan komponen yang kerap bermasalah. Kiprok memiliki fungsi penting  untuk menstabilkan arus listrik yang kemudian diteruskan ke bagian aki

Jika komponen tersebut lemah atau rusak maka yang sering terjadi yakni lampu motor akan redup dan mesin sulit dinyalakan. Bahkan jika suplai arus daya yang masuk ke dalam aki terlalu tinggi, maka yang terjadi lampu utama akan menyala sangat terang dan dapat berakibat aliran kabel tersebut terputus. 

Biasanya terjadi keausan karena penggunaan atau sebelumnya pernah melakukan ubahan pada sektor penerangan lampu seperti memasang HID yang menyedot banyak daya.

2. Bendik

Mungkin nama ini terdengar asing bagi kaum awam. Bendik merupakan komponen krusial yang sering mengalami kerusakan. Pasalnya komponen ini berfungsi untuk menyambungkan arus listrik yang berasal dari aki dan dilanjutkan pada dinamo starter kendaraan.  Maka yang terjadi motor Anda akan sulit untuk menyalakan atau starter motor apabila bendik ini bermasalah.

 

3. Tombol rem motor

Selanjutnya masalah sering terjadi pada switch rem motor. Sebab komponen ini berfungsi untuk sebagai pemutus serta penyambung aliran listrik yang dihantarkan oleh aki ke lampu rem motor. 

Cara kerja komponen tersebut yaitu  dengan menyambungkan arus listrik ketika pedal rem diinjak oleh pengendara dan kemudian lampu akan mati akibat switch yang berfungsi memutus kembali pada saat injakan tersebut dilepas. 

Ini menjadi penting mengingat lampu rem berguna untuk memberikan informasi kepada pengendara lain. Hal ini berguna untuk memberikan keamanan  dan menjaga keselamatan perjalanan.

Apabila Switch rem motor mengalami kendala dan kerusakan, hal ini mungkin karena lampu rem pada motor berada di kondisi yang terus menyala yang kemudian menyedot daya besar. Ini bisa terjadi ketika komponen switch rem terpasang dalam kondisi yang terlalu longgar, sampai dapat disebabkan karena Switch rem motor kotor dan terkena banyak debu.

4. Flasher

Komponen ini biasanya terletak pada sektor lampu sein yang kerap sering sekali bermasalah. Flasher berguna untuk memberikan efek kedipan pada saat lampu sein dinyalakan. Jika bermasalah maka bisa menyebabkan bahaya karena Anda tidak bisa menggunakan lampu sein saat berkendara.

Editor : Hadits Abdillah