Kembangkan Desa Wisata Sabang, Sandiaga Uno Sebut Kue Keukarah Khas Aceh Bisa Tarik Wisatawan

MNC Media
Minggu 02 Mei 2021 16:15 WIB
Sandiaga Uno sebut kue keukarah khas Aceh bisa tarik wisatawan. (Foto: celebrities.id/MNC Media)

ACEH, celebrities.id - Kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Sabang Aceh pada Sabtu (1/5/2021) tuntas dilaksanakan. Tapi, banyak yang bisa dikembangkan. Salah satunya bidang kuliner, di mana kue keukarah bisa menjadi memberi pengalaman kepada wisatawan yang datang.

Sandiaga mengatakan sama seperti halnya kelapa, mulai pohon, batang, buah hingga daunnya sangat memengaruhi kehidupan masyarakat Sabang. Begitu juga dengan kue keukarah khas Kota Sabang. 

Sandiaga yang menjajal langsung seluruh proses pembuatan kue itu mengaku antusias. Seluruh proses pembuatan, kata dia merupakan pengalaman yang dapat dijual kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Kota Sabang.

"Sekali lagi, ini merupakan pola penyiapan desa wisata yang kami dorong agar desa wisata ini menjadi desa yang mandiri, membangkitkan ekonomi dan memulihkan lapangan kerja, khususnya di tengah pandemi," kata Sandiaga.

Tidak hanya itu, kuliner tradisional seperti bubur kanji dinilainya juga menyimpan daya tarik tersendiri. Bubur kanji misalnya. Sandiaga mengaku teringat ketika merantau ke Singapura beberapa tahun silam, dimana bubur itu menjadi sajian utama ketika berbuka puasa di Masjid Sultan, Singapura. 

"Dan ternyata semuanya kembali kepada kearifan lokal, yaitu buah kelapa," imbuh Sandiaga Uno.

 

1
/
2