Kemenag Tidak Ingin Beratkan Calon Jamaah, Ini Alasan Usulan Kenaikan Biaya Haji Rp69 Juta

Icon CameraWidya Michella Nur Syahida
Rabu 25 Januari 2023 07:22 WIB
Kemenag Tidak Ingin Beratkan Calon Jamaah, Ini Alasan Usulan Kenaikan Biaya Haji Rp69 Juta
Kemenag sebut alasan menaikan usulan biaya hahi hingga Rp69 juta. (Foto: celebrities.id/Widya Michella Nur Syahida)

JAKARTA, celebrities.id - Usulan mengenai kenaikan biaya haji sebesar Rp69 juta menuai pro dan kontra masyarakat. Namun, tidak sedikit calon jamaah Haji yang merasa keberatan.

Untuk itu, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief menegaskan bahwa kenaikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 2023 sebesar Rp69,1 juta dari Rp39,8 juta per jamaah 2022 ini masih berupa usulan. 

Dia lantas mengatakan bahwa pihaknya hingga kini masih mencari angka proposional agar tak memberatkan calon jemaah haji tahun ini. 

"Kami sampaikan juga, ini usulan. Kita masih mencari untuk menemukan angka proporsionalnya berapa untuk tahun ini. Tahun depan kita juga akan membangun forecastingnya. Kira-kira inflasinya berapa," kata Hilman kepada wartawan di Jakarta, Selasa, (24/1/2023).

Lebih lanjut, terkait perubahan besaran komposisi dalam Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1444H/2023M menjadi 70 persen Bipih dan 30 persen nilai manfaat menurutnya merupakan angka yang ideal. 

Sebab, kenaikan itu sejalan dengan naiknya sejumlah komponen layanan haji mulai dari akomodasi, konsumsi, transportasi baik selama di Arab Saudi, baik Jeddah, Mekkah, maupun Madinah. 

"Kami menawarkan satu formula yang ideal untuk kelanjutan dana haji, bukan hanya untuk yang akan berangkat besok, tapi juga untuk tahun berikutnya," ujarnya.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2