Kemenag Usulkan Biaya Ibadah Haji 2022 Naik, Segini Total Kisarannya 

Laras Dwi Sasmita
Jumat 11 Maret 2022 17:09 WIB
Kemenag Usulkan Biaya Ibadah Haji 2022 Naik, Segini Total Kisarannya 
Kemenag usulkan biaya ibadah haji. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Agama mengusulkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) tahun 2022 sebesar Rp45.053.368 per jemaah. Ini diartikan biaya haji tahun 2022 naik hampir Rp1 juta, jika dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp44,3 juta. 

Usulan tersebut disampaikan oleh Menteri Agama (Menag) Yauqt Cholil Qoumas dalam kerja dengan Komisi VIII DPR RI pada 17 Februari 2022. Dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Yaqut mengatakan, biaya haji 2022 ini diambil dengan menyeimbangkan besaran beban jemaah dengan keberlangsungan penyelenggaraan ibadah haji di masa yang akan datang.

"Keseimbangan ini dimaksudkan agar jemaah tidak terlalu terbebani dengan biaya yang harus dibayar mengingat sudah dua tahun melakukan pelunasan BIPIH," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Menag mengungkapkan bahwa rincian komponen yang dibebankan kepada jemaah haji dalam usulan BPIH tersebut yakni biaya penerbangan, biaya visa, biaya PCR di Arab Saudi, biaya hidup, dan sebagian biaya di Makkah dan Madinah.

 

1
/
2