Kemendikbudristek Dorong Bali Kembangkan Industri Film, Siap Dukung dengan Panduan Naskah dan Skenario

I Putu Wira Dana
Kamis 28 Juli 2022 07:20 WIB
Kemendikbudristek Dorong Bali Kembangkan Industri Film, Siap Dukung dengan Panduan Naskah dan Skenario
Bali memiliki potensial mengembangkan industri film. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Kaya akan budaya dan sumber daya alam sebagai destinasi wisata membuat Bali memiliki potensial mengembangkan industri film. Hal itu dikatakan oleh direktur perfilman, musik dan media Kemendikbudristek RI, Ahmad Mahendra dalam peluncuran Bali Makarya Film Festival 2022 yang dikutip pada Kamis (28/7/2022).

Ahmad Mahendra mendorong Bali untuk menggeliatkan sektor perfilman sebagai potensi baru yang dikembangkan. Pasalnya, selama ini Bali cukup sering menjadi lokasi pembuatan film baik skala nasional hingga internasional.

“Untuk menggairahkan perfilman di Bali, maka harus dibuatkan festival-festival sehingga sineas-sineas di Bali memiliki wadah untuk berkompetisi dalam meningkatkan kualitas,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh salah satu seminan film yakni Ayu Laksani yang mengatakan bahwa potensi sumber daya manusia di Bali pada bidang perfilman cukup mempuni. Namun juga harus terus meningkatkan kualitasnya.

Dalam meningkatkan kualitas perfilman di Bali, Kemendikbudristek menyebut siap mendukung pengembangan perfilman, salah satunya berupa panduan naskah dan skenario.

Editor : Tia Ayunita