Kemenhub Gelar Mudik Gratis 2023, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Icon CameraHeri Purnomo
Selasa 14 Maret 2023 00:20 WIB
Kemenhub Gelar Mudik Gratis 2023, Berikut Syarat dan Ketentuannya
Kemenhub gelar mudik gratis 2023. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan mudik gratis bus dan truk yang mengangkut sepeda motor 2023.  

Kemenhub sengaja melakukan program mudik ini dengan tujuan untuk menekan jumlah pemudik yang pulang kampung menggunakan sepeda motor. Kemenhub menyediakan 585 unit bus dengan kuota penumpang sebanyak 24.072 orang pada mudik gratis 2023 ini.

Untuk kuota arus mudik disediakan 18.528 orang dan arus balik 5.544 orang. Sedangkan untuk truk yang mengangkut sepeda motor, Kemenhub menyediakan 30 truk dengan kuota sebanyak 900 unit motor yang dibagi menjadi 450 untuk arus mudik dan 450 lagi untuk arus balik.

Lantas apakah bisa masyarakat hanya menitipkan sepeda motornya saja tanpa orangnya?

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto mengatakan bahwa hal itu bisa saja dilakukan dan itu tidak menimbulkan masalah.

"Bisa iya bisa tidak, dalam arti, kalau seandainya tidak punya motor, masa tidak bisa mudik, silahkan yang tidak punya motor silahkan mudik gratis menggunakan bus," katanya dalam konfrensi pers di Kemenhub, Senin (13/3/2023).

"Kemudian yang punya motor tapi ingin pulang dulu atau pulang awal silahkan motor dinaikkan, artinya orang tidak ikutpun tidak masalah, sehingga ini ada kemungkinan yang mudik tadi hanya motornya saja itu dapat dimungkinkan," tuturnya.

Meski begitu, Suharto tidak menjelaskan lebih lanjut terkait tata cara pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menitipkan motornya saja. Dia menyampaikan bahwa Kota Tujuan Mudik dan Balik tahun ini sebanyak 28 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, serta wilayah Sumatra.

Secara rinci, tiga kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kemudian Provinsi Jateng- DIY sebanyak 18 Kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta. Selanjutnya 5 kota di Provinsi Jawa Timur yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Dan terakhir wilayah Sumatea 2 Kota yaitu Lampung dan Palembang.

“Sementara untuk kota keberangkatan/asal arus balik terdapat 8 kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta. Sedangkan untuk lokasi tujuan Mudik dan Balik bagi pengangkutan Sepeda Motor sebanyak lima kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta,” kata Suharto.

Adapun penyerahan sepeda motor untuk kegiatan arus mudik dilaksanakan pada hari Minggu, 16 April 2023 di Terminal Tipe A Pondok Cabe Tangerang Selatan dan akan diberangkatkan pada hari Senin 17 April 2023.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.