Kemenkes Kampanyekan Asupan Protein Hewani, Bisa Cegah Stunting!

Icon CameraKevi Laras
Minggu 22 Januari 2023 08:37 WIB
Kemenkes Kampanyekan Asupan Protein Hewani, Bisa Cegah Stunting!
Kemenkes kampanyekan konsumsi protein hewani untuk cegah stunting. (Ilustrasi: Freepik/Mdjaff)

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah menggencarkan kampanye pemenuhan asupan protein hewani. Hal ini berkaitan dengan upaya pencegahan stunting pada anak-anak di Indonesia.

Selain itu, kampanya juga dilakukan dalam rangka memeringati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-68 yang jatuh pada 25 Januari 2023. 

Untuk itu, Plt Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu Anak Kemenkes dr. Ni Made Diah menjelaskan bahwa protein hewani sangat berperan penting dalam pencegahan stunting.

"Padahal golongan daging, ikan, telur dan susu merupakan protein yang berkolerasi mencegah stunting," kata dr Diah dalam Keterangan Pers Hari Gizi Nasional secara online, Jumat (20/1/2023)

Bukan tanpa alasan, berdasarkan penelitian yang dirangkum oleh Kementerian Kesehatan dari studi dilakukan oleh Headey et.al (2018) menyatakan bahwa ada bukti kuat hubungan antara stunting dan indikator konsumsi pangan berasal dari hewan, seperti telur, daging/ikan dan susu atau produk olahannya (keju, yogurt, dll). 

Penelitian tersebut juga menunjukan konsumsi pangan berasal dari protein hewani lebih dari satu jenis lebih menguntungkan daripada konsumsi pangan berasal dari hewani tunggal. Ditambah, protein hewani dinilai lebih terjangkau secara harga  oleh masyarakat dan mudah didapatkan.

Sementara, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof. Hardiansyah mengatakan dasar dari pertumbuhan tulang itu ada pada tulang rawan. Zat gizi dari pangan hewani bisa membentuk tulang rawan tersebut.

“Artinya jangan hanya berpikir tentang kalsium dan mineral, tapi ketika ingin pertumbuhan tulang normal maka perlu juga protein hewani,” ucap Prof. Hardiansyah

Sekadar informasi, angka stunting di Indonesia masih tinggi yaitu 24,4 persen (SSGI 2021), walaupun terjadi penurunan dari tahun sebelumnya yaitu 27,7 persen (SSGI 2019) namun masih butuh upaya untuk mencapai target penurunan stunting pada tahun 2024 sebesar 14 persen.

Kemudian, direkomendasikan asupan protein dalam seharinya kurang lebih 62 gram. Sehingga, para orangtua diminta untuk bisa mencegah stunting, mulai dari asupan mengandung protein hewani.

Editor : Lisvi Padlilah

Follow Berita Celebrities di Google News