Kemenkes Pastikan Booster 2 untuk Lansia, Tersedia di Seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit 

Icon CameraKevi Laras
Kamis 24 November 2022 09:11 WIB
Kemenkes Pastikan Booster 2 untuk Lansia, Tersedia di Seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit 
Kemenkes pastikan bosster 2 untuk lansia. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id -Tren Covid-19 di Indonesia sedang menunjukkan kenaikan. Perlu adanya perlindungan tambahan, khususnya bagi mereka yang rentan, seperti orangtua atau lansia.  

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia. 

Berlaku efektif sejak ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu sejak 22 November 2022. 

Atas surat edaran tersebut, dipastikan ketersediaan vaksin di daerah aman dan tersedia di berbagai Fasilitas kesehatan, seperti Puskesmas dan Rumah Sakit. 

"Semua daerah disediakan di fasilitas kesehatan (Puskesmas, RS) dan sentra vaksinasi," kataJuru Bicara Kemenkes dr Muhammad Syahril kepada MNC Portal, Rabu (23/11/2022) 

Dengan demikian, dr. Syahril juga mengajak masyarakat belum vaksinasi maupun yang belum melengkapi dosis primer juga booster. Terutama pada lansia agar segera melakukan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan atau di pos pelayanan vaksinasi terdekat. 

Mengingat manfaat dari booster, menurut ahli epidemiolog dr. Pandu dapat meningkatkan sistem kekebalan (antibodi) seseorang, dalam melawan virus (Covid-19). Bahkan antibodi bisa meningkat dua kali lipat, dibandingkan yang hanya melakukan vaksinasi dosis satu dan dua. 

"Bagi yang dibooster jauh lebih tinggi dua kali dari mereka yang sudah dosis 1 dan 2. Supaya lonjakan pertahanan tubuh kita bisa diandalkaan itulah kenapa booster penting," tutur Ahli Epidemiolog UI, dr. Pandu Riano  dalam Seminar Publik Dukung Vaksinasi Booster, Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Sejauh ini, berdasarkan data kemenkes capaian booster pertama di Indonesia masih dinilai sangat rendah yaitu 27,65 persen. Namun, kesadaran masyarakat masih dinilai juga masih rendah soal vaksinasi booster.

Editor : Tia Ayunita