Kemenkes Pastikan Vaksinasi Anak Dapat Dilakukan di Seluruh Wilayah, Masih Pakai Sinovac

Siska Permata Sari
Minggu 16 Januari 2022 14:58 WIB
Kemenkes Pastikan Vaksinasi Anak Dapat Dilakukan di Seluruh Wilayah, Masih Pakai Sinovac
Kemenkes pastikan vaksinasi anak dapat dilakukan di seluruh wilayah, masih pakai Sinovac. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah telah melakukan vaksinasi anak di usia 6-11 tahun pada 14 Desember 2021. Berbeda dari kebijakan awal, kini vaksinasi anak sudah dapat dilakukan di seluruh wilayah.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam Webinar Indonesian Congress Symposium on Combating Covid-19 Pandemic without Boundaries.

Dia mengatakan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun telah dapat dilakukan di seluruh kabupaten/kota dan tidak tergantung pada cakupan vaksinasi dewasa, serta lansia.

“Saat ini vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun telah dapat dilakukan di seluruh kabupaten kota tidak tergantung pada cakupan vaksinasi dewasa yang sebelumnya, yaitu kriteria harus mencapai 70 persen dan lansia 60 persen,” kata Siti Nadia dikutip dari acara webinar tersebut, Minggu (16/1/2022).

Terkait jenis vaksin yang digunakan, masih sama dengan sebelumnya yaitu Sinovac. Sebab, itu satu-satunya jenis vaksin yang telah memiliki Emergency Use Autorization (EUA).

“Vaksinasi Covid-19 pada anak 6-11 tahun sampai saat ini menggunakan vaksin yang sudah mendapatkan izin penggunaan darurat, yaitu vaksin Sinovac,” ujarnya.

Oleh karena itu, ketersediaan vaksin Sinovac, sambung dia, diprioritaskan untuk vaksinasi anak. 

“Untuk percepatan vaksinasi, kita akan melakukan prioritas penggunaan vaksin Sinovac ini ditujukan kepada pemenuhan dosis kedua dari penerima Sinovac pada usia di atas 11 tahun dan tentunya pemberian kepada anak usia 6-11 tahun,” ucapnya.

Editor : Endang Oktaviyanti