Kemenkes Ungkap Covid-19 Varian BA.4 dan BA.5 Lebih Menular, Ini Gejalanya

Kevi Laras
Jumat 24 Juni 2022 16:17 WIB
Kemenkes Ungkap Covid-19 Varian BA.4 dan BA.5 Lebih Menular, Ini Gejalanya
Covid-19 varian baru lebih menular. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengatakan bahwa subvarian baru BA.4 dan BA.5 dianggap lebih mudah menular.

Penularan keduanya, dianggap melebihi varian sebelumnya, seperti Omicron. Syahril menyampaikan waktu gejalanya hampir sama, seperti batuk dan pilek atau flu.

"Untuk gejala kami sampaikan untuk BA.4 dan BA.5 hampir sama yaitu ada demam, batuk, flu atau pilek," ujar dr Syahril, dalam konferensi pers Update Covid-19, Cacar Monyet dan Hepatitis Akut, Jumat (24/6/2022)

Gejala keduanya, menurut Syahril lebih ringan dari varian Omicron. Dalam paparannya, Syahril mengatakan kondisi pasien kasus BA.4 dan BA.5 yang bergejala sedang hanya satu, dinyatakan sembuh, setelah mendapatkan perawatan. 

"Gejalanya hampir sama dengan Omicron jadi lebih ringan," katanya.

"Hanya satu orang perempuan di Jakarta dikategorikan gejala sedang dan sudah dinyatakan sembuh setelah dirawat," kata dr Syahril

Sehubungan dengan itu, Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan, SpP(K) juga menyampaikan bahwa gejala dari BA.4 dan BA.5 ada empat yaitu:

-demam 
-pilek/flu
- sakit/nyeri tenggorokan
-batuk

"Jadi 3 gejala utama adalah batuk, nyeri tenggorokan dan demam dan kalau keempat bisa pilek atau flu," kata dr Erlina dalam webinar Omicron Subvarian BA.4 dan BA.5 pada Kamis 23 Juni 2022.

Editor : Tia Ayunita